Efektivitas Dance Challenge Pada Media Sosial Tiktok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Salima Batang

Habibah, Nada Asti (2024) Efektivitas Dance Challenge Pada Media Sosial Tiktok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Salima Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2418004_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2418004_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Teknologi telah menjadi bagian terpenting dalam kehidupan yang melekat pada sebagian besar aktivitas manusia, tak terkecuali pada proses belajar mengajar di sekolah. Namun, kurangnya kemauan pendidik untuk menerapkan teknologi pada proses pembelajaran dan masih menggunakan metode pembelajaran yang monoton membuat peserta didik kurang termotivasi dalam prosesnya. Seperti pada anak-anak di TK Salima Batang yang tingkat kecerdasan kinestetiknya rendah. Hal itu disebabkan karena guru lebih terfokus pada pengembangan motorik halus, seperti menulis dan mewarnai. Salah satu media yang menarik untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik yaitu melalui dance challenge TikTok. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah perlakuan dance challenge pada media sosial TikTok di TK Salima Batang?. (2) Bagaimana efektivitas dance challenge pada media sosial TikTok untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di TK Salima Batang?. Selanjutnya tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah perlakuan dance challenge pada media sosial TikTok di TK Salima Batang. (2) Mengetahui efektivitas dance challenge pada media sosial TikTok untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di TK Salima Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen desain pre-eksperimental tipe one group pre-test post-test design dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TK Salima Batang. Pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan dua teknik yaitu uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji T, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan kinestetik dengan skor total pretest 356 dengan rata-rata 17,8 termasuk kategori cukup. Pada kecerdasan kinestetik posttest total skornya 600 dengan rata-rata 30 termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan uji paired sampel t-test diketahui sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05 dan perbandingan nilai thitung dan ttabel yaitu 25,765 > 1,7247. Hasil uji N-gain 0,8805 yang termasuk pada kategori tinggi. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat efektivitas yang tinggi mengenai dance challenge pada media sosial TikTok untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun di TK Salima Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPerdana, FirdausUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Dance Challenge TikTok, Kecerdasan Kinestetik, Anak Usia Dini.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:55
Last Modified: 27 Feb 2024 04:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7304

Actions (login required)

View Item View Item