Pengaruh kedisiplinan shalat berjamaah terhadap pembentukan akhlak siswa kelas viii di SMP Islam Pekalongan

Ferdiansyah, Mochamad (2024) Pengaruh kedisiplinan shalat berjamaah terhadap pembentukan akhlak siswa kelas viii di SMP Islam Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120294_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120294_Full Text ferdian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Shalat dilakukan secara berjamaah itu dilakukan lebih utama dikarenakan keutamaannya lebih besar dari pada shalat munfarid. Namun, shalat masih banyak yang mengabaikan, belum masuk kepada shalat berjamaah dari melakukan shalat pun justru ada orang yang masih malas bahkan tidak mengerjakan. Hal itu terjadi karena tidak dibiasakannya shalat khususnya sejak dini. Padahal urusan shalat itu sangat penting karena menjadi pertanggung jawaban yang pertama kita kelas di hadapan Tuhan. Agar shalat sudah menjadi kebiasaan maka dari itu perlunya mendisplinakan shalat khususnya dengan berjamaah. Sebagai tambahan pun adanya membiasakan shalat sunah sebagai tambahan walaupun tidak sering dilakukan. Dari pembiasaan tersebut pasti akan menumbuhkan bagaimana akhlak yang berkaitan dengan shalat berjamaah. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apakah Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa Kelas VIII di SMP ISLAM Pekalongan sudah baik, (2), Apakah Akhlak Siswa Kelas VIII di SMP Islam Pekalongan sudah baik, DAN (3) Apakah Ada Pengaruh Kedisiplinan Shalat Berjamaah terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VIII di SMP ISLAM Pekalongan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa Kelas VIII di SMP ISLAM Pekalongan, (2) untuk mengetahui Akhlak Siswa Kelas VIII di SMP Islam Pekalongan, dan (3) untuk mengetahui Pengaruh Kedisiplinan Shalat Berjamaah terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VIII di SMP ISLAM Pekalongan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jeneis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun variabel independennya adalah Kedisisiplinan Shalat Berjamaah dan variabel dependennya adalah Pembentukan Akhlak Siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 162 siswa kelas VIII. Sampel yang diambil dari populasi tersebut adalah 40 anak dari kelas VIII sesuai dengan teori yang telah ada. teknik pengmabilan smapel ini adalah teknik random sampling. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus validasi, normalitas, homogenitas, dan regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bisa dinyatakan bahwa kedisiplinan shalat berjamaah dan akhlak siswa SMP Islam Pekalongan sudah baik. Kemudian berdasarkan uji regresi dimana signifikansi 0, 000 < 0, 05 dapat diartikanadanya pengaruh kesisiplinan shalat berjamaah terhadap pembentukan akhlak siswa di SMP Islam Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlghiffary, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesdisiplinan, Shalat Perjamaah, Pembentukan Akhlak, Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Mar 2024 06:40
Last Modified: 30 Apr 2024 09:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7353

Actions (login required)

View Item View Item