Peningkatan prestasi belajar PAI materi “Hidup tenang dengan kejujuran, amanah dan istiqomah” dengan Metode Jigsaw pada siswa kelas VII F SMP Negeri 02 Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019

Suratman, Suratman (2019) Peningkatan prestasi belajar PAI materi “Hidup tenang dengan kejujuran, amanah dan istiqomah” dengan Metode Jigsaw pada siswa kelas VII F SMP Negeri 02 Kesesi Kabupaten Pekalongan tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat membantu guru untuk mencapai tujuan dalam pelaksanaan pembelajaran. Guru dapat menggunakan pembelajaran yang variatif agar siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran, untuk mencapai pembelajaran tersebut, diperlukan penerapan model pembelajaran yang tepat. Dalam pembelajaran kooperatif terdapat beberapa tipe yang dapat di terapkan salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan keaktifan siswa baik sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mata pelajaran PAI materi hidup tenang dengan kejujuran, amanah dan istiqomah pada siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Kesesi. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). PTK di laksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa. Metode ini terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan difokuskan pada pembelajaran diskusi kelompok dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hasil penelitian yang sudah di lakukan menunjukkan bahwa hasil belajar sebelum menerapkan kooperatif tipe jigsaw ini ternyata belum maksimal, hal ini terbukti dari hasil belajar siswa pada kondisi awal penelitian dengan nilai rata-rata masih di bawah KKM yaitu 68, setelah di adakannya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pembelajaran berjalan optimal dan terdapat peningkatan hasil belajar dengan melaksanakan 2 (dua) siklus. Hal ini terbukti dari hasil prestasi belajar siswa yang selalu meningkat pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai rata-rata menjadi 76. sedangkan pada siklus II nilai rata-rata juga meningkat menjadi 86.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadhilah, NingsihUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Jigsaw, Prestasi Belajar, PAI
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 15 Jun 2020 08:02
Last Modified: 15 Jun 2020 08:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item View Item