Pembelajaran risalatul mahidh untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas vii tentang materi haid dan istihadhoh di MTs Al Utsmani Gejlig Kajen Kabupaten Pekalongan

Bahaiyah, Nafa Nur (2024) Pembelajaran risalatul mahidh untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas vii tentang materi haid dan istihadhoh di MTs Al Utsmani Gejlig Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120180 _BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120180_FULL TEXT-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyak siswi terutama kelas VII yang belum mengetahui secara mendalam mengenai haid dan permasalahanya karena mengingat berbedanya latar belakang lulusan serta dengan lingkungan keluarga yang berbeda-beda. Maka dari itu, MTs Al Utsmani mengadakan pembelajaran Risalatul Mahidh. Rumusan Masalah penelitian ini adalah:1) Bagaimana implementasi pembelajaran Risalatul Mahidh pada siswa-siswi kelas VII di MTs Al Utsmani? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa kelas VII tentang materi haid dan istihadhoh di MTs Al Utsmani?. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui implementasi pembelajaran dan mengetahui peningkatan pemahaman siswa kelas VII tentang materi haid dan istihadhoh. Kegunaan penelitian bisa menjadi solusi dan menambah wawasan tentang ilmu Risalatul Mahidh yang kelak bisa menjadi bekal untuk keseharian wanita yang setiap bulanya pasti mengalami haid/menstruasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi sumber data primer adalah kepala madrasah, guru Risalatul Mahidh, dan siswa kelas VII. Sedangkan sumber data sekunder ialah literatur, dokumen, dan referensi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi pembelajaran dilaksanakan melalui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Metode yang digunakan ceramah dan tanya jawab.Peningkatan pemahaman siswa dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa setelah mengikuti dua kali ulangan harian,siswa aktif dalam kegiatan diskusi di kelas, siswi sudah bisa menghitung dan memahami haidnya dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHami, WidodoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Risalatul Mahid, Pemahaman, Siswa Kelas VII
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:02
Last Modified: 29 Apr 2024 08:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7373

Actions (login required)

View Item View Item