Listianingrum, Dewi (2024) Peran Platform Merdeka Mengajar Terhadap Pemahaman Kurikulum Merdeka Guru PAI SMP Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120141_Cover_Bab I dan bab V.pdf Download (3MB) |
|
Text
2120141_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Platform Merdeka Mengajar yang merupakan sebuah inisiatif dari Kementrian pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. SMP di Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang merupakan Sekolah penggerak dan terdapat guru penggerak yang sudah melaksanakan Platform Merdeka Mengajar. Dalam Platform Merdeka Mengajar memiliki tiga fungsi yaitu, Belajar, Mengajar, dan Berkarya. Para Guru Pendidikan Agama Islam dapat menggunakan berbagai fitur yang tersedia berdasarkan manfaatnya, seperti Belajar Kuirkulum Merdeka untuk mengenali dan pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah: Bagaimana respon guru PAI terhadap platform merdeka mengajar di SMP Kecamatan Kandeman? Bagaimana pemahaman guru PAI terhadap Platform Merdeka Mengajar di SMP Kecamatan Kandeman? Bagaimana Peran Platform Merdeka Mengajar terhadap pemahaman kurikulum merdeka guru PAI SMP Kecamatan Kandeman? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam SMP Kecamatan Kandeman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Platform Merdeka Mengajar Terhadap Pemahaman Kurikulum Merdeka Guru PAI SMP Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang sudah cukup baik. Dari beberapa fitur yang tersedia dalam Platform Merdeka Mengajar menunjukkan bahwa penggunaan Platform Merdeka Mengajar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri. Sedangkan ada beberapa kendala dalam menggunakan Platform tersebut dimana kekurangannya terletak pada keterbatasan internet dan kurangnya belum memiliki fitur untuk mengakses materi ajar secara offline.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Platform Merdeka Mengajar, Kurikulum Merdeka, Guru PAI | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2024 07:05 | ||||||||
Last Modified: | 07 Nov 2024 02:18 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7395 |
Actions (login required)
View Item |