Mahfiroh, Lina (2024) Pengembangan Bahan Ajar Materi SPLTV Dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Flipbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Belik. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2620029_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (4MB) |
|
Text
2620029_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Kurangnya pemahaman matematis siswa karena penggunaan bahan ajar yang kurang bervariasi. Bahan ajar dengan pendekatan Etnomatematika berbasis Flipbook dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi dan semangat dalam pembelajaran sehingga pemahaman matematis siswa juga akan meningkat serta menumbuhkan rasa cinta kepada budaya setempat. Rumusan masalah yaitu bagaimana pengembangan, validitas, kepraktisan, dan efektifitas bahan ajar materi SPLTV dengan pendekatan Etnomatematika berbasis Flipbook. Tujuan penelitian ini dilakukan supaya pembaca mengetahui proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan efektifitas bahan ajar materi SPLTV dengan pendekatan Etnomatematika berbasis Flipbook untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Belik. Penelitian ini, digunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan yang digunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk. Sampelnya adalah siswa kelas X 1 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif yang terdiri dari analisis data hasil validasi, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar materi SPLTV dengan pendekatan Etnomatematika berbasis Flipbook dikatakan valid, praktis dan efektif. Dengan hasil validasi materi sebesar 83,3% dan hasil validasi media sebesar 81,53%. Hasil kepraktisan yang didapat dari angket respon guru diperoleh presentase sebesar 92% dan hasil angket respon siswa diperoleh presentse sebesar 81,7%. Hasil efektifitas bahan ajar dilihat dari Hasil presentase siswa yang tuntas sesuai KKM adalah sebesar 80,56%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Flipbook, Pemahaman Matematis | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2024 02:48 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2024 02:30 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7426 |
Actions (login required)
View Item |