Implementasi metode role playing dalam pembelajaran maharah Al-KalᾹm pada siswa kelas Xi Di Mas Simbang Kulon Buaran Pekalongan

Khanifah, Nabilatul (2024) Implementasi metode role playing dalam pembelajaran maharah Al-KalᾹm pada siswa kelas Xi Di Mas Simbang Kulon Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220078_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2220078_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MAS Simbang Kulon merupakan salah satu madrasah dengan berlatar belakang salafi, bukan madrasah modern dengan lingkungan berbahasa. Jadi, peserta didik lebih bisa dalam membaca kitab kuning daripada berbicara bahasa Arab. Dalam pembelajaran bahasa Arab mahᾱrah al-kalᾱm, peserta didik kelas XI MIPA 3 MAS Simbang Kulon masih banyak yang kurang percaya diri dalam berbicara bahasa Arab. Oleh karena itu, pendidik di sana menerapkan metode role playing dengan harapan peserta didik dapat lebih aktif dan berani dalam berbicara bahasa Arab. Dengan metode ini dalam pembelajaran mahᾱrah al-kalᾱm, peserta didik tekun belajar dan berusaha dalam berbicara bahasa Arab serta mendapat juara dalam lomba-lomba yang berkaitan dengan bahasa Arab. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana implementasi metode role playing dalam pembelajaran mahᾱrah al-kalᾱm pada siswa kelas XI di MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan? (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan metode role playing dalam pembelajaran mahᾱrah al-kalᾱm pada siswa kelas XI di MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan implementasi metode role playing dalam pembelajaran maharᾱh al-kalᾱm pada siswa kelas XI di MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan. (2) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan metode role playing dalam pembelajaran maharᾱh al-kalᾱm pada siswa kelas XI di MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif. Tempat yang digunakan untuk penelitian yaitu di MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan dan membutuhkan waktu sekitar dua bulan. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu pendidik bahasa Arab dan peserta didik kelas XI MIPA 3, sedangkan sumber data sekunder yaitu buku atau dokumen-dokumen yang berhubungan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode role playing dalam pembelajaran mahᾱrah al-kalᾱm pada siswa kelas XI di MAS Simbang Kulon Buaran Pekalongan sudah baik, dibuktikan dengan pelaksanaannya sesuai langkah-langkah yang diterapkan dan juga sudah sesuai dengan teori. Ada beberapa tahapan dalam melaksanakan metode ini. Pertama yaitu tahap perencanaan, kedua yaitu tahap pelaksanaan, yang terdiri dari tahap pendahuluan, tahap inti dan tahap penutup. Ketiga yaitu tahap evaluasi. Tetapi dalam penerapannya terdapat kelebihan dan kekurangan, kelebihan dari metode role playing yaitu menambah kosakata bahasa Arab peserta didik, peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran bahasa Arab, mengasah kemampuan berbicara bahasa Arab peserta didik, mengasah mental keberanian dan percaya diri peserta didik serta melatih gaya dan ekspresi dalam percakapan. Adapun kekurangan dari metode role playing yaitu pembelajaran kurang kondusif, masih terdapat beberapa peserta didik yang malu untuk maju dan melafalkan kalimat bahasa Arab, peserta didik masih banyak yang merasa grogi dan gugup, masih kesulitan dalam menghafalkan teks percakapan bahasa Arab serta membutuhkan persiapan dan waktu yang cukup lama.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuasomah, MuasomahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Role playing, Mahᾱrah Al-Kalᾱm
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Mar 2024 04:54
Last Modified: 18 Mar 2024 04:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7497

Actions (login required)

View Item View Item