Efektivitas Aplikasi Arabic Typing Tutor Dalam Upaya Memantik Kemampuan Mengetik Huruf Arab Santri Putra Diniyah Ulya 1 Pondok Pesantren Nurul Huda An-Najah

Afif, Randi (2024) Efektivitas Aplikasi Arabic Typing Tutor Dalam Upaya Memantik Kemampuan Mengetik Huruf Arab Santri Putra Diniyah Ulya 1 Pondok Pesantren Nurul Huda An-Najah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220006_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220006_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini terkait dengan pentingnya kemampuan mengetik huruf Arab santri putra di Pondok Pesantren Nurul Huda An-Najah Simbang Kulon Pekalongan di tahun ajaran 2023/2024, banyak dari mereka masih mengalami kesulitan dalam hal ini. Rumusan masalah penelitian yaitu apakah aplikasi Arabic Typing Tutor efektif untuk rendahnya tingkat penguasaan mengetik huruf Arab di kalangan santri. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran mengenai efektivitas aplikasi Arabic Typing Tutor dalam memantik kemampuan mengetik huruf Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan menggunakan tes dan aplikasi Arabic Typing Tutor dan dianalisis dengan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dengan aplikasi Arabic Typing Tutor efektif dalam meningkatkan kemampuan mengetik huruf Arab para santri. Hal ini menunjukkan aplikasi tersebut bisa dijadikan alat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keterampilan mengetik huruf Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorJaeni, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Mengetik, Huruf Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:34
Last Modified: 18 Mar 2024 06:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7499

Actions (login required)

View Item View Item