Implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write (ttw) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan laba dan rugi

Rizqiyah, Maftukhatu (2024) Implementasi model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write (ttw) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada pokok bahasan laba dan rugi. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2618090_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2618090_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan merupakan bagian integral dalam pembangunan manusia yang berkualitas dan pembangunan sektor ekonomi, yang satu dengan lainnya saling berkaitan. Pendidikan adalah suatu proses dalam rangka mempengaruhi peserta didik agar dapat menyesuaikan diri sebaik mungkin terhadap lingkungannya. Salah satu bidang studi pendidikan yang mendukung perkembangan kemajuan suatu bangsa khususnya pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah matematika. Melihat pentingnya peranan matematika dalam aspek kehidupan, hal ini menjadikan matematika merupakan pembelajaran yang sangat perlu diajarkan bagi setiap jenjang pendidikan di sekolah. Dalam kegiatan pembelajaran perlu adanya kemampuan matematika. Kemampuan matematika erat kaitannya dengan pemahaman seseorang terhadap konsep matematika, karena pemahaman konsep adalah bagian yang sangat penting dalam pembelajaran. Salah satu konsep matematika yang memiliki peran penting dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari adalah konsep aritmetika sosial khususnya pada pokok bahasan laba dan rugi. Hasil observasi yang dilakukan peneliti di MTs NU 01 Batang, terdapat permasalahan pada proses pembelajaran matematika. Peserta didik kelas VII kurang memahami materi aritmetika sosial khususnya pada pokok bahasan laba dan rugi. Kemampuan pemahaman peserta didik sangat rendah hal tersebut terlihat berdasarkan hasil belajar peserta didik pada pelaksanaan kuis setelah pembelajaran selesai, pada tahap ini sebagian peserta didik ada yang tidak mengerjakan soal kuis sama sekali dan peserta didik yang mengerjakan juga memperoleh nilai kurang maksimal. Peristiwa tersebut tidak serta merta terjadi begitu saja, namun ada beberapa penyebabnya. Berdasarkan permasalahan di atas, dibutuhkan solusi yang relevan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran kooperatif atau dalam bahasa inggris disebut cooperative learning dengan tipe Think Talk Write. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan masalah apakah penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write (TTW) berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa pada pokok bahasan laba dan rugi?. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs NU 01 Batang, sedangkan peneliti mengambil sempel pada kelas VII A dan VII B dengan jumlah 64. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Sedangkan metode pengumpuln data yang digunakan yaitu tes kuesioner pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu tindakan atau perlakuan tertentu yang sengaja dilakukan terhadap suatu kondisi tertentu Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen. Quasi eksperimen atau eksperimen semu, merupakan salah satu bentuk desain eksperimen yang dikembangkan dari true experimental design. Hasil penelitian menunjukan: Dari data-data penelitian yang telah dianalisis, diperoleh temuan yaitu rata-rata skor tes awal kelas eksperimen adalah 60,82 ini menunjukan kemampuan pemahan awal siswa tentang pokok bahasan yang diujikan masih sangat rendah karena umumnya siswa belum mempelajarinya. Setelah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran think talk write (TTW), diadakan tes akhir dengan hasil rata-rata skor adalah 82,70. Pada kelompok kontrol rata-rata nilai tes awal yang diberikan adalah 62,2. Setelah diberikan materi tanpa menggunakan model pembelajaran non cooperative learning tipe think talk write (TTW) rata-rata nilai tes tes akhir adalah 81,5. Bila dibandingkan rata-rata nilai tes awal dari kedua kelompok belajar, terlihat bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada hasil belajar kelas kontrol. Hal ini dapat terjadi karena di kelas eksperimen, menggunakan model pembelajaran think talk write (TTW), dimana siswa dituntut lebih aktif di dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNalim, YusufUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Learning Tipe Think Talk Write, Pemahaman Siswa.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Mar 2024 01:56
Last Modified: 25 Apr 2024 04:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7603

Actions (login required)

View Item View Item