Pengaruh kompetensi kepribadian guru pendidikan Agama Islam SMP Negeri 5 Pekalongan

Maulida, Rizkiyah (2019) Pengaruh kompetensi kepribadian guru pendidikan Agama Islam SMP Negeri 5 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Upaya guru mendidik, membimbing mengajar, dan melatih anak didik bukan suatu hal yang mudah dan gampang.Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwa “ Kompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pedidikan profesi”.Dengan demikian guru harus mempunyai integritas kepribadian yang baik. Penampilan kualitas kepribadian yang baik akan akan ditiru dan berpengaruh terhadap kualitas akhlak peserta didiknya. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang di atas adalah Bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI di SMP Negeri 05 Pekalongan ?Bagaimana akhlak peserta didik di SMP Negeri 05 Pekalongan?Apakah kompetensi kepribadian guru PAI berpengaruh terhadap akhlak peserta didik di SMP Negeri 05 Pekalongan? penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan di dalam dunia pendidikan serta dapat dijadikan bahan evaluasi dalam usaha mengembangkan sekolah agar menjadi lembaga pendidikan yang mampu mengubah akhlak peserta didik lebih baik lagi bagi SMP Negeri 5 Pekalongan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan datanya dengan menyebarkan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dalam pelaksanaannya yaitu menggunakan rumus regresi linear sederhana, kemudian ditarik kesimpulan dari hasil data angket yang telah diperoleh dan diolah. Hasil penelitian ini bahwakompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 5 Pekalongan termasuk dalam kategori baik, dengan rata-rata hasil angket sebesar 71,13 yang berada pada interval 70 – 73. Akhlak peserta didik SMP Negeri 5 Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik, dengan rata-rata hasil angket sebesar 58,6 yang berada pada interval 57 – 61. Hasil analisis Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Akhlak Peserta Didik SMP Negeri 5 Pekalongan menunjukkan thitung= 3,276 . Pada tingkat signifikan 1 % nilai ttabel = 2,672, maka thitung= 3,276> ttabel = 2,672, sehingga Ho ditolak Ha diterima. Sedangkan pada signifikan 5 % nilai ttabel = 2,006, maka thitung= 3,276> ttabel = 2,006, sehingga Ho ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan variabel X ( Kompetensi Kepribadian Guru PAI) berpengaruh terhadap variabel Y (Akhlak Peserta Didik) sebesar 16,8 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Kompetensi Kepribadian, Akhlak.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 16 Jun 2020 05:59
Last Modified: 16 Jun 2020 05:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item