Pengaruh minat belajar dan metode small group discussion terhadap kemampuan hafalan siswa kelas xi pada mata pelajaran al-quran hadits di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal

Azizah, Alifian Nur (2024) Pengaruh minat belajar dan metode small group discussion terhadap kemampuan hafalan siswa kelas xi pada mata pelajaran al-quran hadits di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120038_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2120038_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, masih pasif dalam mengikuti diskusi dikelas, dan kurang memiliki kemampuan dalam menghafalkan ayat Al-Qur’an. Pernyataan tersebut mengarah pada penelitian ini yaitu mengenai minat belajar dan metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits (metode small group discussion). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini ialah: Bagaimana pengaruh minat belajar terhadap kemampuan hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran AlQur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal? Bagaimana pengaruh metode small group discussion terhadap kemampuan hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal? Apakah terdapat pengaruh minat belajar dan metode small group discussion terhadap kemampuan hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan faktor-faktor yang memicu transformasi perilaku, fenomena yang dihasilkan oleh suatu kejadian, Tindakan, gejala, atau faktor-faktor yang mempengaruhi variabel bebas secara totalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawacara, angket atau kuisioner, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan analisis statistik deskriptif, kemudian uji pra syarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi, yang terakhir yaitu uji hipotesis menggunakan analisis regrese sederhana, analisis regresi berganda, dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan metode small group discussion terhadap kemampuan hafalan siswa kelas XI pada mata pelajaran Al-Quran Hadits di Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal. Dengan jumlah nilai Fhitung sebesar 6,445 lebih besar dari Ftabel 1,664 pada taraf signifikan α =5% (α = 0,05). Kontribusi pengaruhnya sebesar 30,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Minat Belajar, Pengaruh Metode Small Group Discussion, Kemampuan Hafalan Siswa.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Mar 2024 06:25
Last Modified: 30 Apr 2024 08:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7614

Actions (login required)

View Item View Item