Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Permainan Bahasa Arab Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Prodi Pba Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Aulia, Feza (2024) Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Permainan Bahasa Arab Dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Prodi Pba Uin K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220071_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220071_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bahasa Arab menurut sebagian orang dianggap sebagai bahasa yang sulit untuk dipelajari, karena Bahasa Arab memiliki detail yang berbeda dari Bahasa lainnya. Sehingga mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Arab yang dipersiapkan menjadi guru, dituntut untuk bisa membuat metode pembelajaran yang kreatif. Adapun mata kuliah yang dipersiapkan agar mahasiswa dapat membuat metode pembelajaran yang kreatif, yaitu mata kuliah permainan Bahasa Arab. Dengan hal ini, mata kuliah permainan Bahasa Arab dianggap dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa. program studi pendidikan Bahasa Arab UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan pembelajaran mata kuliah permainan Bahasa Arab. Bagaimana persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah permainan Bahasa Arab dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan pembelajaran mata kuliah permainan Bahasa Arab, terdiri dari perencanaan pembelajaran, capaian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Adapun persepsi yang muncul pada mata kuliah permainan Bahasa Arab, yaitu persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif nya adalah mata kuliah permainan Bahasa Arab dapat mengembangkan kreativitas mahasiswa. Melalui mata kuliah tersebut, mampu mendorong kelancaran mahasiswa dalam berpendapat, mendorong keluwesan mahasiswa dalam berpendapat, dapat mendorong mahasiswa menciptakan ide yang original, dapat mendorong mahasiswa dalam merincikan, dan dapat mendorong mahasiswa dalam berfikir metafora. Sedangkan persepsi negatif nya adalah masih ada mahasiswa yang belum berani mengambil resiko, mahasiswa yang belum berani bereksplorasi, belum bisa percaya diri, dan kondisi ruang kelas yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Mata Kuliah Permainan Bahasa Arab, Kreativitas
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 25 Mar 2024 04:20
Last Modified: 25 Mar 2024 04:20
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7619

Actions (login required)

View Item View Item