Pengaruh musical intelligence dan logical mathematical intelligence terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa kelas x SMA N 1 Wonotunggal

Arfiyani, Fina (2024) Pengaruh musical intelligence dan logical mathematical intelligence terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa kelas x SMA N 1 Wonotunggal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2620025_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620025_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan creative thinking matematika yang dipengaruhi oleh musical intelligence dan logical mathematical intelligence siswa kelas X SMA N 1 Wonotunggal. Creative thinking merupakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dengan proses yang berbeda (fleksibel) tetapi tetap menghasilkan hasil yang sama. Creative thinking bisa dipengaruhi oleh keseimbangan kerja otak kanan dan otak kiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada 3 diantaranya yaitu 1)Bagaimana pengaruh musical intelligence terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa kelas X SMA N 1 Wonotunggal; 2)Bagaimana pengaruh logical mathematical intelligence terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa kelas X SMA N 1 Wonotunggal; 3)Bagaimana pengaruh musical intelligence dan logical mathematical intelligence secara bersama terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa kelas X SMA N 1 Wonotunggal. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Wonotunggal. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X-1 dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji statistik berupa uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1)Terdapat pengaruh musical intelligence (X1) terhadap kemampuan creative thinking matematika (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,026 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh musical intelligence terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa; 2)Nilai signifikansi untuk pengaruh logical mathematical intelligence (X2) terhadap kemampuan creative thinking matematika(Y) adalah sebesar 0,197 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H2 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh logical mathematical intelligence terhadap kemampuan creative thinking matematika; 3)Pada uji F untuk menguji H3, diperoleh nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara bersama terhadap Y adalah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai Fhitung (8,181) > Ftabel (3,295) sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 dan X2 secara bersama terhadap Y. Koefisien diterminasi yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,576. Hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel X1 dan X2 secara bersama terhadap variabel Y adalah sebesar 57,6 %. Faktor musical intelligence dan logical mathematical itelligence memberikan kontribusi terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa sebesar 57,6 %. Sedangkan 42,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSetyawan, M. AdinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Musical Intelligence, Logical Mathematical Intelligence, Kemampuan Creative Thinking Matematika.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Mar 2024 04:16
Last Modified: 25 Apr 2024 03:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7643

Actions (login required)

View Item View Item