Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah pada guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan

Larasati, Devisiana (2018) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah pada guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah realita yang menyatakan bahwa kualitas pendidikan di Indonesia pada saat ini rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena rendahnya kualitas guru yang melaksanakan pembelajaran. Untuk meningkatan kualitas guru salah satunya dapat dilaksanakan dengan pelaksanaan supervisi akademik yang efektif. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) Bagaimana Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan? (2) Apa saja Faktor Penghambat dan Pendukung Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan. (2) Untuk mengetahui Faktor Penghambat dan Pendukung Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (Field Research). Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitiannya adalah supervisi akademik pada guru pendidikan agama Islam di SMPN 1 Kajen, Pekalongan dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik dan tindak lanjut supervisi akademik. Faktor pendukungnya adalah guru menanggapi positif tentang pelaksanaan supervisi, aktifnya guru dalam kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), jumlah supervisor yang memadai, kemudahan mengakses informasi, dan kepala sekolah memahami pelaksanaan supervisi akademik yang efektif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya kegiatan yang tidak direncanakan diluar jadwal supervisi akademik dan timbulnya perasaan canggung supervisor ketika melaksanakan supervisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSusanto, Nanang HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ari Sugeng
Date Deposited: 16 Jun 2020 06:30
Last Modified: 16 Jun 2020 06:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item