Afifah, Zulaifa (2024) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad terhadap hasil belajar fikih santri di Madrasah Diniyah Sulamul Huda Desa Bojongminggir Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan Tahun Akademik 2023-2024. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover, BAB I BAB V.pdf Download (8MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Model pembelajaran yang digunakan dalam proses pendidikan memiliki pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Di Madrasah Diniyah Sulamul Huda Bojongminggir, model pembelajaran yang diterapkan berupa ceramah yang cenderung membuat siswa kurang berminat dan akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk menerapkan modelpembelajaran tipe STAD yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajarnya. Model STAD dipilih karena dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis, meningkatkan konsentrasi, serta menciptakan suasana belajaryang menyenangkan. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini merupakanbagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD mata pelajaran Fikih di Madrasah Diniyah Sulamul Huda Bojongminggir? dan bagaimana pengaruhnyaterhadap hasil belajar fikih siswa? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fikih di Madrasah Diniyah Sulamul Huda Bojongminggir. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatankuantitatif dan teknik pengumpulan data yang meliputi kuisioner, tes yang berupa Pre-test dan Post-test, dandokumentasi. Analisis data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat, dan uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana dengan uji paired sampel t-test juga uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fikih santri.Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari analisis data yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitungyang mencapai 11,264 dan nilai uji koefisien determinasi sebesar 22,9%. Meskipun masih ada faktor lain yang memengaruhi hasil belajar, namun hasil penelitian ini menegaskan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipeSTAD memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar fikih santri. Dapatdisimpulkan bahwa model pembelajaran yang interaktif dan melibatkan siswasecara aktif dapat meningkatkan minat dan hasil belajar santri di Madrasah Diniyah Sulamul Huda Bojongminggir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar Fikih | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2024 02:34 | ||||||||
Last Modified: | 30 Apr 2024 09:27 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7763 |
Actions (login required)
View Item |