Upaya peningkatan Maharah Al-qira'ah dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan

Abiyyah, Rofi Aqil (2024) Upaya peningkatan Maharah Al-qira'ah dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2220055_Bab I dan Bab V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
2220055_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id

Abstract

Banyak siswa di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni mengalami kurangnya pemahaman dengan bahasa Arab termasuk Maharah Al-Qira’ah dimana hanya siswa yang berada di pondok pesantren saja yang faham mengenai pembelajaran tersebut. Dan sebaliknya siswa yang bukan berada dipondok kurang memahami pembelajaran Maharah Al-Qira’ah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini Bagaimana Proses Pembelajaran Maharah Al-Qira’ah Kelas VII di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan ? Apa Upaya yang dilakukan Untuk meningkatkan Maharah Al-Qira’ah dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa Kelas VII SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan ?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui Proses Pembelajaran Maharah Al-Qira’ah kelas VII di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan Untuk Mengetahui Upaya yang dilakukan guna meningkatkan Maharah Al-Qira’ah dalam Pembelajaran Bahasa Arab SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan. Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab, dan Siswa di SMP NU Pajomblangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan berupa reduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah Upaya untuk meningkatkan pembelajaran Maharah Al-Qira’ah dalam pembelajaran bahasa arab di SMP NU Pajomblangan dilakukan juga dengan tiga cara dengan melihat hal berikut seperti perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam perencanaan para guru di fasilitasi sekolah agar mengikuti pelatihan atau seminar sesuai dengan mata pelajaran amsing-masing yang diampu. Dalam pelaksanaannya upaya yang dilakukan dengan cara membaca nyaring, membac senyap dan juga membaca bersama menggunakan video visual dilayar, sedangkan untuk evaluasi nya mengikuti tes harian dengan menggunakan teknologi atau layar di proyektor berbeda dengan sebelumny yang menggunakan buku.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorIsbah, FaliqulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya, Maharah Al-Qira’ah, SMP NU Pajomblangan
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Mar 2024 02:19
Last Modified: 25 Jun 2024 04:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7766

Actions (login required)

View Item View Item