Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTS NU al-sya’iriyah Limpung (studi pada kelas VII Tahun ajaran 2017-2018)

Pinakesti., Angistiya (2019) Pengaruh tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di MTS NU al-sya’iriyah Limpung (studi pada kelas VII Tahun ajaran 2017-2018). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar siswa di MTs NU Al-Sya’iriyah Limpung.Namun dalam hal prestasi belajar, siswa dengan latar belakang pendidikan orang tua yang berpendidikan rendah lebih mendominasi daripada siswa dengan latar belakang pendidikan orang tua yang berpendidikan tinggi. Berdasarkan uraian di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1)Bagaimanakah gambaran tingkat pendidikan orang tuasiswadi MTs NU Al-Sya’iriyah Limpung tahun ajaran 2017-2018?. (2)Bagaimanakahgambaran motivasi belajar siswadi MTs NU Al-Sya’iriyah Limpung tahun ajaran 2017-2018?.(3)Bagaimanakah gambaran prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs NU Al-Sya’iriyah Limpung tahun ajaran 2017-2018?. (4)Adakah pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestastasi belajar siswa di di MTs NU Al-Sya’iriyah Limpung Kabupaten Batang tahun 2017-2018?. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Survey. Adapun variabel independennya adalah Tingkat Pendidikan Orang TuadanMotivasiBelajar, variabel dependennya adalah PrestasiBelajar. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 48 responden dengan teknik proportionate random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan rumus analisis regresi linear berganda, denganbantuan SPSS.Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 70,713 + 0,236X1 + 0,213X2 + e.Uji Parsial (Uji t) diperoleh t hitung variabel tingkat pendidikanorang tua = 1,201 sehingga Ha X1 terhadap Y ditolak. Variabel pengaruh motivasi belajar diperoleh t hitung = 2,538, sehingga Ha X2 terhadap Y diterima. Hasil Uji Simultan (uji F) diperolehF hitung = 3,984, sehingga Ha X1 dan X2 terhadap Y diterima. Variabel X1 dan X2 secara simultan berpengaruh terhadap Y sebesar 11,5%. Simpulan dari penelitian ini adalah tingkat pendidikan orang tua danmotivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara parsial dan simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSalafudin, SalafudinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan Orang Tua, MotivasiBelajar, PrestasiBelajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 17 Jun 2020 08:34
Last Modified: 17 Jun 2020 08:34
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/777

Actions (login required)

View Item View Item