A’la, A’la (2024) Implementasi manajemen kelas dalam peningkatkan proses pembelajaran pendidikan agama islam kelas v di SD Negeri Pajomblangan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2120059_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2120059_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Manajemen kelas merupakan pengaturan dan pengelolaan hal-hal yang berkaitan dengan pembelajaran. Dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam terdapat beberapa problematika diantaranya suasana pembelajaran yang membosankan dan hanya terdapat 2 jam mata pelajaran PAI di Sekolah Dasar yang menjadi sebab masyarakat lebih tertarik untuk menyekolahkan anaknya ke Madrasah. Oleh karena itu, manajemen kelas penting diimplementasikan supaya pembelajaran dapat berjalan secara efektif dan efisien pada setiap pertemuanya. Hal tersebut sudah diterapkan di SD Negeri Pajomblangan. Berdasarkan latar belakang terdapat beberapa rumusan masalah. Adapun rumusan penelitian ini adalah bagaimana implementasi manajemen kelas dalam peningkatan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SD Negeri Pajomblangan, dan apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi manajemen kelas dalam peningkatan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SD Negeri Pajomblangan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD Negeri Pajomblangan, guru PAI, guru wali kelas V dan lima peserta didik kelas V. Adapun Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian dilakukan dalam pelaksanaan implementasi manajemen kelas telah sesuai dengan komponen-komponen yang ada di dalam implementasi pembelajaran tersebut. Hal ini dapat ditunjukkan pada aktivitas pembelajaran yang dilakukan yaitu pengelolaan fisik (sarana prasarana) dan pengelolaan non fisik seperti (peserta didik). Faktor pendukung dalam implementasi manajemen kelas yaitu sarana dan prasarana, guru, dan peserta didik. Faktor penghambatnya yaitu sumber daya manusia yang rendah, kesadaran prserta didik dan wali murid yang kurang dalam pengembalian buku, serta berbagai macam karakter peserta didik menjadi tantangan bagi guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | implementasi, manajemen kelas, Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2024 05:59 | ||||||||
Last Modified: | 29 Apr 2024 09:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7789 |
Actions (login required)
View Item |