Implementasi pendekatan saintifik pada metode pembelaaran pai untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas vii di SMP Takhassus Al Qur'an Rafirna Tersono Batang

Syifa, Zahrotus (2024) Implementasi pendekatan saintifik pada metode pembelaaran pai untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas vii di SMP Takhassus Al Qur'an Rafirna Tersono Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120234_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120234_Full Ttext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya implementasi pendekatan pembelajaran di kelas. Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Pendidikan Agama Islam khususnya dalam menggunakan pendekatan pembelajaran harus memilih pendekatan yang mampu meningkatkan kreativitas siswa dalam menyampaikan ide dan gagasan bagi peserta didik. Khususnya di SMP Takhassus Al Qur’an Rafirna Tersono Batang. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui implementasi pendekatan saintifik untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas VII di SMP Takhassus Al Qur’an Rafirna Tersono Batang Jenis penelitian dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dengan menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru PAI SMP Takhassus Al Qur’an Rafirna Tersono Batang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendekatan Saintifik pada metode pembelajarana PAI untuk meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII di SMP Takhassus Al Qur'an Rafirna Tersono Batang diimplementasikan melalui kegiatan belajar mengajar di kelas dengan menarik siswa untuk mengamati pelajaran, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan di depan kelas. Dari pembiasaan tersebut, siswa kelas VII terbiasa melakukan pembelajaran yang dapat menarik kreativitas dengan mengamati pelajaran, menanya, mengumpulkan informasi, menalar dan mengkomunikasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendekatan saintifik, Metode Pembelajaran, Kreativitas Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 27 Mar 2024 06:01
Last Modified: 24 Apr 2024 03:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7795

Actions (login required)

View Item View Item