Implementasi Pendidikan Kepramukaan dalam menumbuhkan Karakter religius (studi kasus anggota Ambalan Rama – Sinta SMK Negeri 01 Blado Kabupaten Batang)

Miftakhudin, Miftakhudin (2024) Implementasi Pendidikan Kepramukaan dalam menumbuhkan Karakter religius (studi kasus anggota Ambalan Rama – Sinta SMK Negeri 01 Blado Kabupaten Batang). Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2119048_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (779kB)
[img] Text
2119048_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Skripsi ini merupakan Upaya untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Kepramukaan dalam menumbuhkan Karakter religius (studi kasus anggota Ambalan Rama – Sinta SMK Negeri 01 Blado Kabupaten Batang). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang sedang terjadi saat ini yaitu kemajuan teknologi yang sangat signifikan dan berpotensi menjadi pengaruh buruk bagi generasi muda Indonesia apabila tidak diimbangi dengan karakter religius yang cukup, oleh karena itu pertanyaan yang akan dipecahkan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah implementasi Pendidikan Kepramukaan dalam menumbuhkan karakter religius mahasiswa terutama pada anggota Ambalan Rama - Shinta SMK Negeri 01 Blado Kabupaten Batang?, (2) Apa sajakah Faktor-faktor pendukung dan penghambat yang ditemui dalam menumbuhkan karakter religius siswa terutama pada anggota anggota Ambalan Rama - Shinta SMK Negeri 01 Blado Kabupaten Batang?. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran dan bentuk-bentuk Pendidikan Kepramukaan dalam menumbuhkan karakter religius siswa terutama pada anggota Ambalan Rama - Shinta SMK Negeri 01 Blado Kabupaten Batang. (2) Untuk mengetahui Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan karakter religius pada anggota Ambalan Rama - Shinta SMK Negeri 01 Blado Kabupaten Batang. Untuk memecahkan permasalahan ini, maka penelitian ini menggunakan pendekekatan kualitatif deskriptis dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Temuan di lapangan menjelaskan bahwa peran Pendidikan kepramukaan dan nilai-nilai religius saling berkesinambungan. Sehingga Pendidikan kepramukaan sangat efektif dalam menumbuhkan karakter religius. Alasannya karena di dalam pramuka terdapat nilai-nilai religius seperti yang terdapat dalam Kode Kehormata Gerakan Pramuka. Selain itu juga karena pembiasaan-pembiasaan yang dapat menumbuhkan karakter religius siswa khususnya anggota Ambalan Rama – Shinta SMK Negeri 01 Blado Kabupaten Batang. Ambalan Rama – Shinta SMK Negeri 01 Blado Kabupaten Batang sudah melaksanakan Pendidikan Kepramukaan yang berhubungan dengan pendidikan karakter yang dalam hal ini yaitu karakter religius melalui kegiatan Latihan rutin, perkemahan, dan aturan adat yang berlaku. Selain itu terdapat sebuah faktor pendukung dan penghambat yang cukup kompleks yang berasal dari faktor internal dan eksternal siswa itu sendiri. Kegiatan kepramukaan merupakan ekstrakulikuler wajib yang harus diikuti oleh siswa dan juga di tambah dukungan dari sekolah, orang tua, dan pemerintah yang memperkuat faktor pendukung kegiatan kepramukaan sebagai kegiatan yang positif bagi siswa, dan faktor penghambat yang berasal dari kesadaran siswa yang lebih condong malas untuk melakukan aktifitas secara inisiatif sendiri. Setelah dilakukan penelitian, terdapat hasil kesimpulan bahwa Pendidikan Kepramukaan dapat menumbuhkan Karakter religius (studi kasus anggota Ambalan Rama – Sinta SMK Negeri 01 Blado Kabupaten Batang) secara khususnya, karena di dalam Pendidikan kepramukaan terdapat nilai-nilai religius seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sehingga penulis berharap dengan adanya faktor tersebut pramuka mampu menjawab permasalahan pada rumusan masalah dan menjadi solusi dalam menumbuhkan karakter religius secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAli, JauharUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Kepramukaan, Karakter Religius
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Mar 2024 03:04
Last Modified: 28 Mar 2024 03:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7806

Actions (login required)

View Item View Item