Haekal, M. Husain (2024) Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Beribadah Pada Siswa Kelas VIII Di Smp Islam Al Bayan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119259_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (658kB) |
|
Text
2119259_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang melanggar tata tertib sekolah dengan melebihi poin batas pelanggaran sehingga pihak sekolah harus mengeluarkan siswa tersebut karena pelanggaran yang telah dilakukan siswa. Namun tindakan yang diambil dari pihak sekolah masih tetap dididik siswa tersebut sampai siswa itu bisa belajar dengan baik. Pihak sekolah yang memiliki aturan atau tata tertib sekolah itu pasti mempunyai kepedulian dalam membentuk kedisiplinan siswa dan tentunya dalam proses pembuatan aturan pun tidak terlepas dari tujuan dibuatnya aturan. Sekarang memang banyak sekolahan yang sudah mempunyai aturan bagi siswa, akan tetapi tidak banyak juga dalam pelaksanaan sebuah aturan bisa berjalan sesuai tujuan dan aturan yang sudah dibuat, jadi ketika aturan sekolah tidak dilaksanakan dengan baik maka aturan tersebut akan berkesan sebagai formalitas saja. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pelaksanaan tata tertib sekolah berpengaruh terhadap kedisiplinan beribadah siswa?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah pelaksanaan tata tertib sekolah yang dilaksanakan oleh siswa dapat berpengaruh terhadap kedisiplinan dalam beribadah siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang dalam prosesnya penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis regresi linier sederhana. Penguatan pendidikan karakter di era sekarang merupakan hal yang sangat peting untuk dilakukan mengingat banyak peristiwa yang menunjukkan terjadinya krisis moral baik dari kalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa. Disiplin merupakan salah satu nilai karakter yang perlu dikembangkan. Karakter disiplin sangat penting dimiliki oleh setiap manusia agar kemudian muncul karakter yang positif lainnya. Hasil penelitian sebagai berikut, dalam pelaksanaan tata tertib sekolah sudah berjalan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil dari total keseluruhan nilai dari variabel X atau (∑▒X ) = 2836 dengan nilai rata-rata 49,7. Dengan nilai rata rata 49,7 berada pada interval 49-56 dengan ketegori sangat baik. Hal ini juga dikarenakan pada hasil dari nilai variabel Y yaitu kedisiplinan beribadah memiliki total nilai (∑▒Y ) = 2777 dengan nilai rata-rata 48,7 memiliki kategori yang baik dengan interval 47-50.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah, Kedisiplinan Beribadah Siswa. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 28 Mar 2024 04:55 | ||||||||
Last Modified: | 28 Mar 2024 04:55 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7811 |
Actions (login required)
View Item |