Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang Tahun Pelajaran 2022/2023

Apriliani, Kinanti Riski (2024) Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Kalipucang Kulon Batang Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319145_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2319145_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan gagasan dalam transformasi pendidikan Indonesia untuk mencetak generasi masa depan yang unggul. Kurikulum ini lahir dan digagas oleh pemerintahan baru dengan Mendikbudristek sekarang. Sudah tentu, opini masyarakat akan kembali menyeruak pada pemikiran bahwa ganti menteri akan ganti kurikulum. Namun, bukan itu esensi sebenarnya dari perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka hadir untuk menyempurnakan implementasi Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui : (1) perencanaan pembelajaran IPAS kelas IV dengan menggunakan kurikulum merdeka di SD Negeri Kalipucang Kulon (2) pelaksanaan pembelajaran IPAS kelas IV dengan kurikulum merdeka di SD Negeri Kalipucang Kulon (3) Evaluasi pembelajaran IPAS kelas IV dengan menggunakan kurikulum merdeka di SD Negeri Kalipucang Kulon . Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran di kelas IV SD Negeri Kalipucang Kulon menggunakan perangkat ajar yang yang disediakan oleh kemendikbud. 2) Pelaksanaan pembelajaran di kelas IV SD Negeri Kalipucang Kulon sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan modul ajar yang telah disusun. Pelaksanaan pembelajaran kurikulum merdeka terbagi menjadi tiga, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. 3) Evaluasi Pembelajaran di kelas IV SD Negeri Kalipucang Kulon mengacu pada asesmen yang diberikan oleh kemendikbud dengan menggunakan asesmen formatif pada setiap pembelajaran. Tetapi belum semua asesmen yang diberikan oleh kemendikbud dilaksanakan, yaitu belum adanya asesmen diagnostik pada setiap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKusumawati, Putri Rahadian DyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kurikulum Merdeka, IPAS
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 28 Mar 2024 06:52
Last Modified: 28 Mar 2024 06:52
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7870

Actions (login required)

View Item View Item