Pengaruh Media Kapija Terhadap Kemampuan Membaca Kata Beraksara Jawa Siswa Kelas 3 Di MI Miftahul Ulum Kalitorong Kabupaten Pemalang

Nasihah, Ati Dinan (2024) Pengaruh Media Kapija Terhadap Kemampuan Membaca Kata Beraksara Jawa Siswa Kelas 3 Di MI Miftahul Ulum Kalitorong Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320077_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320077_FULL TEXT_b5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan berbahasa yang diajarkan pada Sekolah Dasar meliputi menulis, membaca, berbicara, dan menyimak. Kemampuan memiliki keterkaitan dan dapat dipelajari melalui keteraturan interaksi yang berurutan. Membaca menjadi bentuk kegiatan sehari-hari yang dapat dilakukan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan. Salah satu kemampuan membaca anak ketika memasuki sekolah adalah kemampuan membaca kata dan kalimat beraksara Jawa. Aksara Jawa merupakan materi pembelajaran yang perlu diajarkan kepada anak sejak dini, hal ini karena anak mungkin bisa menulis aksara Jawa tetapi untuk membaca mereka masih mengalami kesulitan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan membaca Aksara Jawa dapat dilakukan ketika anak berada di kelas rendah. Selain kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan kemampuan membaca Aksara Jawa juga perlu adanya media guru pakai. Salah satu media yang dapat dipakai guru yang dapat dibuat dengan bahan yang ada disekitar yaitu media kartu pintar bahasa Jawa (KAPIJA). Penelitian merumuskan tiga masalah yaitu bagaimana kemampuan membaca peserta didik pada materi aksara jawa tanpa menggunakan media kapija di mi miftahul ulum kalitorong? bagaimana kemampuan membaca peserta didik pada materi aksara jawa dengan menggunakan media kapija di mi miftahul ulum kalitorong? apakah terdapat pengaruh penggunaan media kapija terhadap kemampuan membaca aksara jawa di mi miftahul ulum kalitorong?. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan membaca kata beraksara Jawa sebelum dan sesudah menggunakan media KAPIJA dan mengetahui pengaruh dari penggunaan media KAPIJA di kelas 3 MI Miftahul Ulum Kalitorong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sumber data diperoleh melalui guru, siswa, pihak madrasah, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MI Miftahul Ulum Kalitorong dengan teknik pengambilan sampel total sampling dan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh negatif dan signifikan dari penggunaan media KAPIJA terhadap kemampuan membaca kata beraksara Jawa kelas 3 di MI Miftahul Ulum Kalitorong. Hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan sebelum menggunakan media KAPIJA sebesar 46,6 % dan ketuntasan setelah menggunakan media KAPIJA sebesar 70 % dengan signifikansi sebesar - thitung < -ttabel atau -7.819 < -2.045 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun selisih pengaruh penggunaan media KAPIJA sebesar 23,4%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrabowo, Dimas SetiajiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, media KAPIJA, siswa kelas 3
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:59
Last Modified: 01 Apr 2024 02:59
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7903

Actions (login required)

View Item View Item