Analisis motivasi berprestasi mahasiswa prodi pendidikan agama islam penerima beasiswa kip-k angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Marita, Tria (2024) Analisis motivasi berprestasi mahasiswa prodi pendidikan agama islam penerima beasiswa kip-k angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120183_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120183_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Motivasi adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku. Motivasi akan membantu mengarahkan individu untuk mencapai apa yang diinginkan. Pemberian motivasi sangat penting diberikan kepada seseorang yang sedang menempuh pendidikannya. Motivasi dapat dilakukan dengan cara memberikan dorongan-dorongan yang dapat memicu semangat belajarnya. Dalam penelitian ini, motivasi berprestasi berkaitan dengan adanya beasiswa KIP-K. Beasiswa KIP-K adalah suatu program yang memfasilitasi calon mahasiswa yang memiliki prestasi akademik yang baik namun kurang dalam bidang ekonomi untuk dapat mengenyam pendidikan yang bermutu dengan menerima berbagai fasilitas salah satunya yaitu bebas biaya pembayaran UKT. Dalam penelitian ini, terdapat dua rumusan masalah yaitu bagaimana motivasi berprestasi mahasiswa dan apa saja faktor pendorong dan penghambat motivasi berprestasi mahasiswa prodi PAI penerima beasiswa KIP-K Angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana motivasi berprestasi mahasiswa dan untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat motivasi berprestasi mahasiswa prodi PAI penerima beasiswa KIP-K Angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu mahasiswa prodi PAI penerima beasiswa KIP-Kuliah angkatan 2020 Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan yang berjumlah 10 mahasiswa yang diambil secara acak dari mahasiswa PAI penerima beasiswa yang berjumlah 30 mahasiswa. Data didapatkan dari wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu: pertama, pemberian beasiswa KIP Kuliah di UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan kepada mahasiswa dikatakan sudah cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan bisa mendorong mahasiswa untuk meningkatkan prestasi akademik sehingga mampu meningkatkan kualitas pendidikan. Motivasi berprestasi mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah di UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan ditunjukan dengan bentuk tanggung jawab, berani mengambil resiko, kreatif dan inovatif, pandai mengatur waktu, serta kerja keras. Kedua, faktor pendorong motivasi berprestasi mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah di UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan yaitu: adanya semangat tinggi, adanya dorongan dari keluarga, dan adanya tuntutan dari program KIP Kuliah. Selain faktor pendorong, dalam penelitian ini juga didapatkan gambaran Faktor penghambat motivasi berprestasi mahasiswa yaitu: susah untuk membagi waktu, rasa malas, lingkungan pergaulan, dan ekonomi keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrayogi, ArdityaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: motivasi berpestasi, Beasiswa KIP-K, Mahasiswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Apr 2024 02:31
Last Modified: 30 Apr 2024 08:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7909

Actions (login required)

View Item View Item