Arofah, Ery (2024) Implementasi Metode Proyek Bagi Pengembangan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelas B di TK Sudirman 03 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2420069_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (727kB) |
|
Text
2420069_Full Text.pdf Download (995kB) |
Abstract
ABSTRAK Ery Arofah, 2024,2420069, Implementasi Metode Proyek Bagi Pengembangan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelas B di TK Sudirman 03 Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan, Dosen Pembimbing : Mohammad Syaifuddin M.Pd. Kata Kunci : Metode Proyek, Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini. Anak usia dini memiliki sifat egosintris yang tinggi dan anak cenderung melakukan, melihat dari sudut pandang mereka sendiri. Penilaian, moral dan subjek- tifitas masih sangat kental menguasai emosi mereka. Sifat egosentris biasanya muncul pada kehendak anak yang mesti terwujud. Anak kadang pada saat menginginkan sesuatu maka dengan cara apapun akan dilakukannya. Agar mengurangi sifat egosentris pada anak usia dini kita sebagai pendidik harus pintar memilih metode belajar. Salah satu metode yang dapat mengembangkan kemampuan kerjasama anak usia dini yaitu melalui metode proyek. karena dapat menggerakkan peserta ddidik untuk melakukan kerjasama sepenuh hati. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode proyek bagi pengembangan kemampuan kerjasama anak usia dini kelas B di TK Sudirman 03 pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekundr. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis mengungkapkan dua temuan : 1) Implementasi Metode Proyek Bagi pengembangan Kemampuan kerjasama Anak Usia Dini Di TK Sudirma 03 Kota Pekalongan dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi.2) Implikasi metode proyek bagi pengembangan kemampuan kerjasama anak usia dini kelas B di TK Sudirman 03 Pekalongan mendapatkan hasil yang cukup baik namun ada beberapa anak yang belum menunjukkan kemampuan kerjasama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode Proyek, Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.321 Bustanul Atfal 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.21 Pre School/Pendidikan Pra Sekolah |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Apr 2024 06:21 | ||||||||
Last Modified: | 01 Apr 2024 06:21 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7924 |
Actions (login required)
View Item |