Implementasi Pembelajaran Muhadaṡah Pada Mata Kuliah Kalām Li Al- Mutawassiiṭin Program Studi Pendidikan Bahasa Arab

Agustina, Kiky Naily (2024) Implementasi Pembelajaran Muhadaṡah Pada Mata Kuliah Kalām Li Al- Mutawassiiṭin Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2220031_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (817kB)
[img] Text
2220031_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya pembelajaran muhadaṡah yang ada di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan khususnya untuk mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab. Ada beberapa kesulitan dari mahasiswa sehingga menyebabkan mahasiswa banyak yang belum lancar dalam muhadaṡah bahasa Arab. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Pertama, Bagaimana Implementasi Pembelajaran Muhadaṡah Pada Mata Kuliah kalām li al- mutawassiiṭinProgram Studi Pendidikan Bahasa Arab?. Kedua, Apa saja Faktor pendukung dan penghambat dalam Pembelajaran Muhadaṡah Pada Mata Kuliah Kalām Li Al- Mutawassiiṭin Program Studi Pendidikan Bahasa Arab?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan berasal dari data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitain ini yaitu bersumber dari sebagian mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Sedangkan Sumber data sekundernya yaitu : buku, jurnal dan penelitian terdahulu sebagai penunjang atau pelengkap data. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Implementasi Pembelajaran Muhadaṡah Pada Mata Kuliah kalām li al- mutawassiiṭin Program Studi Pendidikan Bahasa Arab berjalan dengan baik. Dalam penerapannya pembelajaran muhadaṡah di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan maharah kalam pada mahasiswa. Arahan dan motivasi yang diberikan oleh dosen pada pembelajaran muhadaṡah dapat memberikan pengaruh baik untuk dapat berbicara bahasa Arab dengan lancar. Adapun faktor pendukung dari Implementasi ini adalah membiasakan mahasiswa agar terus dan terbiasa berbicara menggunakan bahasa Arab dan selama pembelajarannya mahasiswa diberi tugas untuk membuat video muhadaṡah. Adapun faktor penghambat dari Implementasi ini adalah kurangnya rasa percaya diri mahasiswa itu sendiri dalam berbicara menggunakan bahasa Arab dan Belum adanya Bi’ah Lugawiyyah (lingkungan berbahasa).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Muhadaṡah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:45
Last Modified: 01 Apr 2024 03:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7927

Actions (login required)

View Item View Item