Pengaruh metode pembelajaran kitab ta’lim muta’alim terhadap perilaku tawadhu’ mahasantri pondok pesantren Putri Luqman Hakim Desa Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan

Maulida, Hafidzotul (2024) Pengaruh metode pembelajaran kitab ta’lim muta’alim terhadap perilaku tawadhu’ mahasantri pondok pesantren Putri Luqman Hakim Desa Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120235_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120235_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perilaku tawadhu’ pada saat ini mengalami penurunan, hal tersebut dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat yang mengakibatkan suatu informasi mudah tersebar dan berpotensi untuk ditiru. Maka dari itu, diperlukan adanya pembiasaan akhlak berdasarkan kitab Ta’lim Muta’alim. Dalam mengkaji kitab Ta’lim Muta’alim diperlukan suatu metode pembelajaran untuk mendukung perkembangan perilaku tawadhu’. Metode pembelajaran adalah suatu cara yang tersusun dan terstruktur yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jika seorang ustadz membawakan pembelajaran dengan bervariasi maka akan meningkatkan minat mahasantri dalam mempelajari Kitab Ta’lim Muta’alim sehingga ia mampu menumbuhkan perilaku tawadhu’ dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga dipengaruhi oleh latar belakang santri apakah sudah pernah mondok atau belum. Apabila ia sudah pernah mondok, maka ia akan dengan mudah menerapkan perilaku tawadhu’ tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana Metode Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim yang diterapkan di Pondok Pesantren Luqman Hakim? (2) Bagaimana Perilaku Tawadhu’ Mahasantri Pondok Pesantren Luqman Hakim dalam Mempelajari Kitab Ta’lim Muta’alim? (3) Bagaimana Pengaruh Metode Pembelajaran Kitab Ta’lim Mua’alim yang diterapkan di Pondok Pesantren Luqman Hakim Terhadap Perilaku Tawadhu’? penelitin berguna untuk menjadi literatur bagi Pondok Pesantren dalam mengembangkan metode belajar Kitab Ta’lim Muta’alim dalam proses pengajaranya di Pondok Pesantren terutama dalam membentuk perilaku tawadhu’ santri. Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasantri Pondok Pesantren Luqman Hakim yang berjumlah 82 santri dan diambil sampel sebanyak 41 santri untuk dijadikan sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penenlitian ini adalah analisis statistic regresi sederhana dengan menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai F hitung = 14,061 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara metode pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’alim terhadap perilaku tawadhu’ mahasantri Pondok Pesantren Putri Luqman Hakim Desa Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, Akhmad196211241999031001-
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Kitab Ta’lim Muta’alim, Perilaku Tawadhu’.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Apr 2024 06:47
Last Modified: 29 Apr 2024 08:53
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7943

Actions (login required)

View Item View Item