Implementasi pendekatan collaborative learning melalui tugas video pada mata pelajaran akidah akhlak kelas viii MTs Asy-syafi’iyyah Pecangakan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang

Rosyada, Naila (2024) Implementasi pendekatan collaborative learning melalui tugas video pada mata pelajaran akidah akhlak kelas viii MTs Asy-syafi’iyyah Pecangakan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120081_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120081_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

MTs Asy-syafi’iyyah Pecangakan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang Merupakan salah satu lembaga formal ditingkat sekolahan menengah yang berlokasi dijalan Dahlia No 148 Desa Pecangakan Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Pembelajaran Akidah Akhlak menajadi salah satu mata pelajaran rumpun PAI yang wajib guru menerapkan pendeatan Collaborative Learning yang dinilai dapat mepermudah peserta didik dalam mempelajari materi-materi Akidah Akhlak. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana implementasi pendekatan Collaborative Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Asy-Syafi’iyyah? (2) Bagaimana implementasi penugasan video dalam pendekatan Collaborative Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Asy-Syafi’iyyah? (3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendekatan Collaborative Learning melalui penugasan video pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs Asy-Syafi’iyyah? Jenis Penelitian ini adalah Lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian Kulitatif. Teknik pengumpilan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan secara interaktif melalui tiga tahap yaitu: redukdi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendekatan Collaborative Larning dalam pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Asy-syafi’iyyah Pecangakan kecamatan Comal Kabupaten Pemalang berjalan dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajarannya. Dalam pelaksanannya, ada beberapa pendekatan Collaborative Learning yang telat diterapkan di MTs Asy-syafi’iyyah Pecangakan Kecamatan comal kabupaten Pemalang yaitu TAPPS (Think-Aloud Pair Problem Solving), SAP (Send-A-Problem), CS (Case Study)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSolehuddin, Moh. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Collaborative Learning, tugas video dan Akidah Akhlak.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Apr 2024 08:20
Last Modified: 30 Apr 2024 09:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7952

Actions (login required)

View Item View Item