Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Bagi Siswa Kelas Vii Di Mts Negeri 2 Pemalang

Niken Andini, Niken (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Bagi Siswa Kelas Vii Di Mts Negeri 2 Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120292_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120292_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Andini, Niken 2024. Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Bagi Siswa Kelas VII Di MTS Negeri 2 Pemalang. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam. UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Widodo Hami, M.Ag. Kata Kunci : Efektifitas, Project Based Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya mata pelajaran aqidah akhlak karena akan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku siswa salah satunya dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Akan tetapi dilihat dari kondisi siswa yang kesulitan untuk menghafal dan memahami materi, sehingga mempengaruhi hasil belajarnya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas dari model pembelajaran Project Based Learning melalui media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional di MTs Negeri 2 Pemalang. Kegunaan dalam penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi penelitian yang berkaitan dengan model pembelajran Project Based Learning melalui media Mind Mapping. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Pemalang. Lalu untuk menentukan sampel menggunakan cluster random sampling terpilih kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Lalu diuji validitas, reliabilitas, daya beda, Tingkat kesukaran. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji independent sample t-test. Tahapan dari pembelajaran Project Based Learning melalui media Mind Mapping yaitu pada tahap pertama, penentuan pertanyaan mendasar, tahap kedua menyusun perencanaan proyek, tahap ketiga Menyusun jadwal, tahap keempat peneliti membagi kelompok siswa, tahap kelima perwakilan 1 kelompok untuk memaparkan hasil proyeknya dan pada tahap keenam dilakukan evaluasi terkait pengetahuan siswa pada materi asmaul husna. Berdasarkan hasil penelitian Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran project based learning melalui media mind mapping dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional dilihat dari nilai rata-rata hasil posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol di mana kelas eksperimen mendapatkan skor 82,34 dan kelas kontrol mendapatkan kor 71,56. Kemudian uji independent sample t-test dengan memperoleh hasil signifikansi (2 tailed) sebesar 0,001 dengan nilai signifikansi yang digunakan 0,05. Karena sig. < α yaitu 0,001 < 0,05 maka Ho ditolak H1 diterima. Dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning melalui media mind mapping dapat dikatakan efektif dari pada model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar kognitif pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorWidodo Hami, M.Ag., Bp. Widodo198803312020121005-
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Project Based Learning, Mind Mapping, Hasil Belajar, Aqidah Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Apr 2024 06:40
Last Modified: 30 Apr 2024 05:14
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/7987

Actions (login required)

View Item View Item