Implementasi pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship) melalui Program “Market Day” di SDIT Buah Hati Pemalang

Cahyono, Ujang Ris (2019) Implementasi pendidikan kewirausahaan (entrepreneurship) melalui Program “Market Day” di SDIT Buah Hati Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh pesatnya tantangan dan persaingan di era globalisasi, ditambah lagi dengan banyaknya pencari kerja setelah menyelesaikan sekolah, namun lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja yang mengakibatkan masyarakat di usia produktif hanya menjadi pengangguran. Dalam menghadapi hal tersebut sekolah harus mampu membekali siswa dengan keterampilan untuk bekal kehidupan nanti setelah siswa lulus. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Melalui Program “Market day” di SDIT Buah Hati Pemalang? Apa Manfaat Implementasi Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Melalui Program “Market day” di SDIT Buah Hati Pemalang? serta Apa faktor pendukung dan penghambat Implementasi Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Melalui Program “Market day” di SDIT Buah Hati Pemalang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan “Market Day” di SDIT Buah Hati Pemalang? Untuk mengetahui apa manfaat “Market Day” bagi peserta didik SDIT Buah Hati Pemalang? Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat “Market Day” di SDIT Buah Hati Pemalang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, metode interview, metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam menganalisa penelitian ini menggunakan teknik analisis deduktif, yaitu cara berfikir yang menemukan pengetahuan dari yang bersifat umum menjadi khusus. Hasil penelitian ini adalah bahwa “Market Day” merupakan kegiatan berwirausaha dimana siswa bertindak sebagai penjual dan pembeli yang dilakukan sebulan sekali yaitu pada jumat ke-1. Guru kelas memiliki peran dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa untuk memotivasi, mengarahkan dan mengevaluasi terhadap pelaksanaan program “Market Day”. Manfaat dari “Market Day” adalah meningkatkan motivasi berwirausaha yang tinggi berguna untuk masa depan memanfaatkan potensi diri serta meningkatkan taraf hidup bermasyarakat. Faktor pendukung “Market Day” adalah adanya tujuan yang jelas dan mulia agar para peserta didik setelah lulus dapat berwirausaha dan mandiri, serta antusiasme dari peserta didik dan wali murid dalam pelaksanaanya. Faktor penghambat “Market Day” ialah waktu yang terbatas, kemudian siswa belum mahir dalam teknis penggunaan alat pembayaranya itu uang serta siswa belum mampu memproduksi maupun menyiapkan barang dagangan sendiri sehingga masih mengandalkan bantuan orang tua wali.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Market Day
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:35
Last Modified: 19 Jun 2020 03:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/799

Actions (login required)

View Item View Item