Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Anisah, Nurul (2024) Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Siswa Kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
50222023_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
50222023_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Penting untuk memahami hubungan antara efikasi diri, motivasi berprestasi, dan kemandirian belajar karena studi Al-Qur'an dan Hadis menuntut tingkat dorongan yang tinggi, ketekunan, dan pemahaman yang mendalam. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan; (2) Untuk menguji pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan; (3) Untuk menguji pengaruh yang signifikan efikasi diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dan simpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji T dengan hasil nilai tingkat Sig 0.043 ≤ 0.05 dan nilai t hitung = 2.095 ≥ t table = 2.028 maka dikatakan efikasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji T dengan hasil nilai tingkat Sig 0.000 ≤ 0.05 dan nilai t hitung = 5.533 ≥ t table = 2.028 maka dikatakan motivasi berprestasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil Anova pada SPSS dengan nilai tingkat Sig 0.000 ≤ 0.05 dan nilai f hitung = 29.121 ≥ f table = 3.260 maka dikatakan efikasi diri dan motivasi berprestasi memiliki pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar. Berdasarkan nilai table summary bahwa nilai R = 0.786 dan nilai koefisien determinasi RSquare = 0.597 yang menunjukkan bahwa pengaruh yang disumbangkan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 59,7%. Diharapkan penelitian ini dapat digunakan oleh guru, madrasah dan orang tua sebagai acuan dalam meningkatkan efikasi diri, motivasi berprestasi, dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade DediUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: efikasi diri, motivasi berprestasi, kemandirian belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 04 Apr 2024 05:55
Last Modified: 20 Jun 2024 04:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8003

Actions (login required)

View Item View Item