Pengaruh Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan

Nurjanah, Nurjanah (2024) Pengaruh Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Masters thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50222012_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50222012_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Madrasah memiliki mata pelajaran akidah akhlak, dimana mata pelajaran aqidah akhlak merupakan sub bab mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) yang diajarkan pada jenjang pendidikan madrasah yang di dalamnya membahas ajaran agama Islam dari segi aqidah dan akhlak. Selain memberikan mata pelajaran akidah akhlak kepada peserta didik di sekolah, salah satu hal yang tidak kalah penting adalah bimbingan orang tua. Dengan adanya mata pelajaran akidah akhlak dan bimbingan orang tua maka diharapkan akan melahirkan perilaku sosial pada anak yang baik. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh antara mata pelajaran akidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan? Apakah ada pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap perilaku sosial peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan? Apakah ada pengaruh antara mata pelajaran akidah akhlak dan bimbingan orang tua terhadap perilaku sosial peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian adalah: untuk menganalisis pengaruh mata pelajaran akidah akhlak terhadap perilaku sosial peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan, untuk menganalisis pengaruh bimbingan orang tua terhadap perilaku sosial peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan, untuk menganalisis pengaruh mata pelajaran akidah akhlak dan bimbingan orang tua terhadap perilaku sosial Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Manfaat penelitian ini adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya akidah akhlak dan bimbingan orang tua untuk mengatasi masalah perilaku sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui: kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan program SPSS for windows 25. Penelitian ini menghasilkan temuan: (1) Secara parsial terdapat pengaruh antara Mata Pelajaran Akidah Akhlak dengan Perilaku Sosial Peserta Didik. (2) Secara parsial terdapat pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik. (3) Secara simultan terdapat pengaruh signifikan antara Mata Pelajaran Akidah Akhlak dan Bimbingan Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 144,298 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, hal ini menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari pada Ftabel sebesar 3,160 dan nilai signifikansinya lebih kecil dari 5 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorUntung, SlametUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorMahmudah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Bimbingan Orang Tua, Perilaku Sosial
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 04 Apr 2024 06:40
Last Modified: 20 Jun 2024 04:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8008

Actions (login required)

View Item View Item