Implementasi metode fashohati dalam pembelajaran baca al-qur’an santri di TPQ Al-Fattah Batang

Setiyaningsih, Nisa (2024) Implementasi metode fashohati dalam pembelajaran baca al-qur’an santri di TPQ Al-Fattah Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120246_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120246_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Permasalahan yang dihadapi untuk era saat ini yang kita sering jumpai yaitu minimnya membaca Al-Qur’an. Salah satu yang membuktikan bahwa banyak santri kesulitan membaca Al-Qur’an ditandai dengan adanya lemahnya santri dalam mengenal huruf hijaiyah yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman mereka akan pentingnya belajar Al-Qur’an. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Perencanaan Metode Fashohati dalam pembelajaran Baca Al-Qur’an Santri di TPQ Al-Fattah Batang?, 2) Bagaimana pelaksanaan Metode Fashohati dalam pembelajaran Baca Al-Qur’an Santri di TPQ Al-Fattah Batang?, 3) Bagaimana Evaluasi Metode Fashohati dalam pembelajaran Baca Al-Qur’an Santri di TPQ Al-Fattah Batang?. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan sumber data berupa sumber data primer dan sekunder untuk mendapatkan data yang maksimal sesuai keinginan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan : 1.) Perencanaan dalam pembelajaran metode fashohati di TPQ Al-Fattah batang meliputi: a.) Sarana belajar, b.) Menyiapkan materi dan mengikuti pelatihan, c.) Menyiapkan fisik dan mental. 2.) Pelaksanaan dalam pembelajaran metode fashohati menggunakan 3 teknik yaitu klasikal, individual dan klasikal terakhir. Pelaksanaan metode fashohati dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di TPQ Al-Fattah Batang memberikan dampak yang signifikan, hal ini dibuktikan dengan sistem pengajaran yang terarah dan sesuai dengan panduan metode fashohati sehingga santri bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. 3.) Evaluasi dalam pembelajaran metode fashohati di TPQ Al-Fattah Batang meliputi: a.) Evaluasi harian, b.) Evaluasi Cawu, c.) Evaluasi Tahsis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorArifin, Jainul2020089002UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Fashohati, Baca Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.39598 Pendidikan Agama Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Apr 2024 07:38
Last Modified: 29 Apr 2024 08:23
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8015

Actions (login required)

View Item View Item