Pengaruh citra lembaga, kepercayaan dan sosialisasi terhadap minat muzaki menyalurkan zakat melalui badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kota Tegal

Atikah, Fani Nur (2019) Pengaruh citra lembaga, kepercayaan dan sosialisasi terhadap minat muzaki menyalurkan zakat melalui badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kota Tegal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pembimbing: Aenurofik, M.A Pemerintah Kota Tegal ingin memaksimalkan UU No.23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, infaq, dan shadaqah melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tegal. Badan Amil Zakat Nasiona (Baznas) Provinsi Jawa Tengah mencatat potensi zakat di kota Tegal mencapai angka Rp 7 milliar pertahun, sedangkan jumlah zakat yang mampu dihimpun oleh BAZNAS hanya mencapai 700 juta saja. Artinya, dibandingkan dengan potensi yang besar pengumpulan zakat masih belum optimal. Harus diakui bahwa pada satu sisi, kesadaran masyarakat untuk berzakat semakin meningkat dari waktu ke waktu, namun pada sisi yang lain antara potensi dana zakat dengan realisasi pengumpulannya terdapat gap yang sangat besar. Untuk itu, sosialisasi menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat ditawar lagi. Salah satu bentuk sosialisasi adalah dengan melakukan kampanye sadar zakat secara terus-menerus. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra lembaga, kepercayaan, dan sosialisasi terhadap minat muzaki menyalurkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah Muzaki Baznas Kota Tegal dan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Terdapat 91 kuesioner yang dapat diolah dalam penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan program IBM SPSS Statistic 21. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil uji parsial diperoleh untuk variabel citra lembaga diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 1,999 > 1,987 dan nilai Sig. 0,049 < 0,05 serta bertanda positif, variabel kepercayaan diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 2,442 > 1,987 dan nilai Sig. 0,017 < 0,05 serta bertanda positif dan variabel sosialisasi diperoleh nilai t hitung > t tabel yaitu 3,084 > 1,987 dan nilai Sig. 0,003 < 0,05 serta bertanda positif berarti secara parsial citra lembaga, kepercayaan, dan sosialisasi dinyatakan berpengaruh secara signifikan terhadap minat muzakki membayar zakat. Sedangkan hasil perhitungan secara simultan diketahui nilai F hitung sebesar 12,059 dengan nilai Sig. 0,000. Karena nilai F hitung> F tabel, yaitu 12,059 > 2,71 dan nilai Sig. < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 maka variabel religiusitas (X1), gaji (X2) dan kepercayaan (X3) secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat muzakki.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAenurofik, AenurofikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Zakat, Minat, Citra Lembaga, Kepercayaan, Sosialisasi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 18 Jun 2020 05:22
Last Modified: 18 Jun 2020 05:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item