Sufia, Nila Vila (2024) Pengaruh perkembangan psikologi anak dan pola asuh otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa di SD Islam 06 Kota Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (920kB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Perkembangan menunjukan suatu proses tertentu yaitu proses yang menuju ke depan dan tidak dapat diulang kembali. Perkembangan bergerak perlahan namun pasti, yang kian hari bertambah maju mulai dari masa pembuahan dan berakhir dengan kematian. Perkembangan anak akan sangat cepat, bukan hanya perkembangan secara fisik, namun juga perkembangan psikologinya. Pola asuh otoriter orang tua yang ditunjukan dengan perilaku orang tua yang cenderung menetapkan standar yang mutlak harus dituruti, menuntut kepatuhan, hubungan kurang hangat, kaku dan keras. Brazelton berpendapat anak-anak yang dibesarkan dengan pola asuh otoriter biasanya, tidak bahagia, merasa ketakutan dan mudah tersinggung. Anak juga cenderung pemalu, menutup diri dan mengalami kekurangan kepercayaan diri. Jika anak tidak dihargai, bahkan Kesalahan pola asuh otoriter anak saat ini sering kali terjadi seperti kekerasan fisik dan mental, terlalu bebas dan sebagainya. Perlu diketahui oleh orang tua bahwa pola asuh mereka sangat mempengaruhi perkembangan psikologi anaknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:1) Bagaimana pengaruh perkembangan psikologi anak terhadap hasil belajar siswa di SD Islam 06 Kota Pekalongan?, 2) Bagaimana pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa di SD Islam 06 Kota Pekalongan?, 3) Bagaimana pengaruh yang simultan antara perkembangan psikologi anak dan penerapan pola asuh otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa di SD Islam 06 Kota Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perkembangan psikologi anak terhadap hasil belajar siswa di SD Islam 06 Kota Pekalongan, untuk menganalisis pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa di SD Islam 06 Kota Pekalongan. Dan untuk menganalisis pengaruh yang simultan antara perkembangan psikologi anak dan penerapan pola asuh otoriter orang tua terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Kota Pekalongan Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi, Sugiyono menjelaskan bahwa penelitian korelasi ini untuk membangun hubungan sebab-akibat di antara variabel-variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas 6 SD Islam Kota Pekalongan yang berjumlah 29. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, jumlah sampel yang digunakan berjumlah 29 siswa. Instrumen yang digunakan menggunakan lembar kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Psikologi, Pola Asuh Otoriter, Hasil Belajar | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 05 Apr 2024 02:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 13 Jun 2024 07:58 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8020 |
Actions (login required)
View Item |