Farkhani Ahmad, Osan (2021) Strategi Komunikasi dakwah Sakdiyah Ma’ruf melalui Stand Up Comedy. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri. Diploma thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Bab I-V.pdf Download (4MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
Abstract
Farkhani, Ahmad Osan. 2021. Strategi Komunikasi dakwah Sakdiyah Ma’ruf melalui Stand Up Comedy. Skripsi Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing: Dr. Tri Astutik Haryati, M. Ag. Kata Kunci: Strategi Komunikasi dakwah, Stand Up Comedy, Sakdiyah Ma’ruf. Stand up comedy merupakan sebuah seni humor di depan penonton secara langsung (live), dan termasuk dalam jenis humor verbal lisan yang berasal dari Amerika, serta biasa dilakukan dalam durasi sepuluh sampai empat puluh lima menit dengan membawakan topik tertentu. Sakdiyah Ma'ruf dengan materi-materi yang dibawakannya pada saat melakukan stand up comedy, bukan hanya sekadar komedi atau olok-olok belaka yang ingin disajikan, akan tetapi dirinya ingin secara santai menyampaikan sebuah pesan dakwah. Namun tidak hanya itu pada akhirnya perlahan, dengan hanya menggunakan beberapa kalimat sederhana kesadaran penonton lantas dibangun. Penggunaan kalimat yang sederhana dirasa lebih efektif ketimbang harus menjejalkan berbagai gagasan melalu berjilid-jilid buku. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu, bagaimana materi dakwah dan bagaimana strategi komunikasi dakwah stand up comedy Sakdiyah Ma’ruf. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana materi dakwah dan strategi dakwah stand up comedy Sakdiyah Ma’ruf, serta diharapkan dapat memberikan kontribusi positif di bidang komunikasi penyiaran Islam mengenai strategi komunikasi dakwah melalui stand up comedy. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka, dan jenis data yang dihasilkan adalah data deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Dapat ditemukan bahwa dari materi-materi stand up comedy yang ditampilkan, Sakdiyah Ma’ruf menjadikan stand up comedy sebagai media untuk berdalog dan berdiskusi bersama terkait kritik sosial terhadap permasalahan yang terjadi dalam komunitas Arab, seperti konservatisme maupun diskriminasi yang kerap dialami oleh para perempuan. Selain itu melalui stand up comedy, Sakdiyah juga mengangkat isu-isu sensitif lain yang tak hanya terjadi di komunitas Arab saja, namun pada lingkup yang lebih luas berdasarkan kecamata keseharian dengan penyampaian secara monolog kepada audience dalam bentuk komunikasi persuasif. Stand up comedy dapat dijadikan sebagai strategi alternatif baru dalam berdakwah, sebagai upaya menyebarluaskan informasi maupun pengetahuan serta penyadaran tentang perintah maupun larangan Agama yang dapat dijadikan sebagai pedoman bagi manusia sehingga dapat tercapai keberhasilan, kebahagiaan dan ketentraman baik di dunia maupun di akhirat. Dalam penelitian ini ditemukan 3 tahapan strategi komunikasi dakwah Sakdiyah Ma’ruf melalui stand up comedy antara lain; tahap perumusan strategi komunikasi dakwah, tahap implementasi strategi komunikasi dakwah, dan tahap penilaian strategi komunikasi dakwah.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi dakwah, Stand Up Comedy, Sakdiyah Ma’ruf. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | Asefuddin Riza | ||||||||
Date Deposited: | 23 Apr 2024 02:53 | ||||||||
Last Modified: | 23 Apr 2024 02:53 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8081 |
Actions (login required)
View Item |