Analisis Kegiatan Remedial Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di MI Islamiyah Degayu 01 Kota Pekalongan Utara

Zulfa, Ida Karomatul (2023) Analisis Kegiatan Remedial Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di MI Islamiyah Degayu 01 Kota Pekalongan Utara. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319078_IDA KAROMATUL ZULFA BAB I-V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2319078_IDA KAROMATUL ZULFA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kegiatan remedial merupakan suatu bentuk pembelajaran yang bersifat membetulkan atau memperbaiki kebiasaan belajar, dan peningkatan kompetensi umum dari siswa. Kegiatan remedial ini dirasa sangat penting dalam proses pembelajaran tematik Kurikulum 2013, sehingga kegiatan ini harus diwujudkan dalam kegiatan pembelajaran tematik di kelas. Secara umum, kegiatan remedial memiliki tujuan yang sama dengan kegiatan pembelajaran, yaitu membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum yang berlaku. Melalui kegiatan tersebut, tugas guru adalah memperbaiki cara mengajar, yaitu membantu siswa memahami atau mengatasi kesulitan yang mereka hadapi dengan cara memperbaiki cara belajar. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian studi kasus yakni salah satu jenis metode yang secara empiris menginvestigasi fenomena sementara dalam konteks tidak tampak secara jelas, yang selanjutnya ditujukan untuk menghimpun data, mengambil makna, dan mendapatkan pemahaman dari kasus tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan remedial pada pembelajaran tematik guru memulainya dengan mengidentifikasi masalah menyiapkan media serta alternatif kegiatan remedial. Guru masih belum membuat RPP khusus kegiatan remedial sehingga dalam pelaksanaannya guru masih menggunakan RPP pembelajaran tematik. Kegiatan remedial dilaksanakan dengan pemberian PR untuk materi selanjutnya, pengelompokan dan pemberian tugas tersendiri ketika proses pembelajaran berlangsung bagi siswa yang membutuhkan remedial, dan pemberian waktu tambahan setelah jam pelajaran terakhir sebelum pulang sekolah dengan memberikan materi pembelajaran yang belum dikuasai. Hasil dari kegiatan remedial belum signifikan sehingga diberikan tindak lanjut pada program pembelajaran ulang terkait materi yang belum bisa di pahami.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHidayati, NunungUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kegiatan remedial, pembelajaran tematik.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 24 Apr 2024 08:17
Last Modified: 24 Apr 2024 08:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8139

Actions (login required)

View Item View Item