Pelaksanaan bimbingan karir dalam perencanaan karir siswa di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan

Safitri, Endang (2021) Pelaksanaan bimbingan karir dalam perencanaan karir siswa di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Bab I-V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Banyak lulusan MA yang masih mengalami kesulitan dalam mewujudkan karir masa depannya. Jika kondisi ini dibiarkan tanpa tindakan yang tepat, maka peserta didik lulusan MA akan semakin banyak lagi yang menjadi pengangguran. Siswa MA perlu mengarahkan karir ke arah yang baik dan berkualitas dengan mengedepankan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki siswa agar kedepannya dapat bersaing dalam dunia yang penuh dengan kompetisi.Layanan bimbingan karir yang dilaksanakan oleh Guru BK di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan dapat memberikan bantuan berupa informasi untuk kelanjutan karir siswa agar dapat merencanakan karir dengan baik dan sesuai dengan kemampuan diri masing-masing siswa. Guru BK juga memberikan motivasi dan arahan agar seluruh siswa MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan mempunyai perencanaan karir yang matang untuk masa depannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana pelaksanaan bimbingan karir siswa di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Bagaimana perencanaan karir siswa di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Bagaimana faktor penghambat dan pendukung dalam pelaksanaan bimbingan karir di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan karir siswa di MA Ribatul Muta’allimin. Untuk mengetahui perencanaan karir siswa di MA Ribatul Muta’allimin. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan bimbingan karir di MA Ribatul Muta’allimin.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Data di peroleh denganmenggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis data deskriptif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa setelah mendapatkan bimbingan dari guru Bimbingan dan Konseling siswa dapat merencanakan karir setelah lulus sekolah adapun yang masih kebingungan guru Bimbingan dan Konseling sebagai fasilitator tetap mengarahkan agar siswa tersebut dapat merencanakan karir dengan baik tidak hanya itu guru Bimbingan dan Konseling memantau dengan baik siswanya dalam merencanakan karir. Faktor pendukung dalam kegiatan bimbingan karir ini terutama dukungan dari orangtua, guru dan semangat siswa untuk melanjutkan karirnya. Faktor penghambat yang sering terjadi mengenai perekonomian karena mayoritas siswa di MA Ribatul Muta’allimin ini standar perekonomian menengah kebawah tetapi antusias siswa untuk maju sangatlah bagus dengan begitu guru Bimbingan dan Konseling memberikan arahan sampai siswa dapat mencapai karir yang sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFadal, KurdiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, Perencanaan Karir Siswa
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: Akhiroh Ghufron
Date Deposited: 25 Apr 2024 01:55
Last Modified: 25 Apr 2024 01:55
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8141

Actions (login required)

View Item View Item