Implementasi Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Kelas VI SD Negeri Larikan Kecamatan Doro

Fitriana, Ayu (2023) Implementasi Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Kelas VI SD Negeri Larikan Kecamatan Doro. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319160_AYU FITRIANA BAB I-V.pdf

Download (10MB)
[img] Text
2319160_AYU FITRIANA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, padahal hasil belajar mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Hasil belajar dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk mengetahui seberapa jauh perubahan pada diri siswa. Hasil belajarsiswa khususnya pada mata pelajaran matematika kelas VI SD Negeri Larikan tergolong masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan implementasi metode tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VI SD Negeri Larikan Kecamatan Doro serta menjelaskan faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penilitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Larikan yang berjumlah 20 siswa, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Metode tutor sebaya yang diterapkan oleh guru kelas VI SD Negeri Larikan melalui 3 tahapan, 1) Tahap persiapan, (a) guru menyiapkan materi pembelajaran, (b) guru menentukan siswa yang bertugas sebagai tutor, (c) guru mengelompokan siswa. 2) Tahap Pelaksanaan, (a) guru menyampaikan materi pembelajaran, (b) siswa belajar dalam diskusi kelompok, (c) guru mengawasi jalanya proses belajar. 3) Tahap Evaluasi, (a) guru memberikan soal-soal latihan. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 60%, dimana yang tadinya hanya 6 dari 20 siswa kini menjadi 18 dari 20 siswa yang mendapat nilai diatas KKM. Hal ini membuktikan bahwa implementasi metode tutor sebaya pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang sangat membantu siswa. Implementasi metode tutor sebaya memiliki faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaanya. Faktor pendukung, 1) Adanya interaksi yang baik antara guru dan siswa, 2) Minat siswa dalam mengikuti pembelajaran cukup tinggi. Faktor penghambat, 1) Terbatasnya waktu dan kesibukan yang dimiliki oleh guru, 2) Suasana kelas yang kurang kondusif disebabkan oleh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 25 Apr 2024 03:18
Last Modified: 25 Apr 2024 03:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8149

Actions (login required)

View Item View Item