Putri, Dita Amelia (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Melalui Pembiasaan Tadarus Al-Qur'an di SMP Negeri 2 Bojong. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2119073_DITA AMELIA PUTRI BAB I-V.pdf Download (3MB) |
|
Text
2119073_DITA AMELIA PUTRI FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Peran guru sebagai pembimbing adalah memberikan bantuan kepada setiap individu untuk mencapai pemahaman dan pengarahan diri yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian diri secara maksimal terhadap sekolah. Peran guru sangat dibutuhkan khususnya guru pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Bojong untuk dapat membantu membimbing peserta didik yang masih kurang dalam hal membaca Al-Qur’an. Kemampuan membaca Al-Qur’an adalah proses pemahaman teks bacaan dengan memanfaatkan kemampuan melihat yang dimiliki oleh pembaca Al-Qur’an yang dilakukan secara nyaring atau dalam hati dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, agar bisa dipahami dan diamalkan maknanya. Maka dari itu dilakukan dengan metode pembiasaan. Metode pembiasaan berarti pengulangan. Metode pembiasaan adalah suatu cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan anak berfikir, bersikap, bertindak sesuai dengan ajaran agama islam. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa melalui pembiasaan tadarus Al-Qur'an di SMP Negeri 2 Bojong?; (2) Apa faktor pendukung dan penghambat pembiasaan tadarus Al-Qur'an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SMP Negeri 2 Bojong ?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an melalui pembiasaan tadarus Al-Qur'an di SMP Negeri 2 Bojong; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembiasaan tadarus Al-Qur'an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SMP Negeri 2 Bojong. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Metode yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembiasaan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SMP Negeri 2 Bojong, namun ada faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan tadarus ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru Sebagai Pembimbing, Kemampuan Membaca Al-Qur'an, Pembiasaan Tadarus Al-Qur'an | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah > Prodi Hukum Tata Negara | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 30 Apr 2024 03:58 | ||||||||
Last Modified: | 30 Apr 2024 03:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8188 |
Actions (login required)
View Item |