Strategi komunikasi pemasaran melalui social media ditinjau dari perspektif etika bisnis islam (Studi kasus di IBC catering Pekalongan)

Chasa, Nia Fadhila (2019) Strategi komunikasi pemasaran melalui social media ditinjau dari perspektif etika bisnis islam (Studi kasus di IBC catering Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Komunikasi pemasaran merupakan aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Social mediakerap dijadikan suatu alat atau media untuk melakukan strategi komunikasi khususnya untuk pemasaran. Contohnya strategi komunikasi pemasaran di social mediayaitu twitter,instagram,youtube dan facebook. IB Catering atau Catering Ibu Hj. Bahiyah Pekalongan yaitu perusahaan yang bergerak di bidang jasa catering dalam menyediakan produk makanan dan minuman serta dekorasi untuk acara pesta wedding, pertemuan rapat, tasyakuran dan lain-lain. Komunikasi pemasaran melalui social media, IB Catering saat ini menggunakan facebook dan instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran melalui social media di IB Catering Pekalongan serta bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap strategi komunikasi pemasaran melalui social media di IB Catering Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Langkah-langkah penelitian terdiri dari metode pengumpulan data, validitas data, dan teknik analisis data. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sebagai alat pengecekan keabsahan data yang diperoleh. Adapun analisis data yang dilakukan oleh peneliti meliputi tiga kegiatan yaitu reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Catering Ibu Hj. Bahiyah telah menyadari pentingnya melakukan strategi komunikasi pemasaran melalui social media. Hal itu dibuktikan dengan adanya akun Instagram dan Facebook milik IB Catering Pekalongan, yang mana kedua akun tersebut sangat aktif untuk mengunggah kiriman foto maupun video. Selanjutnya bahwa strategi komunikasi pemasaran melalui social media IB Catering Pekalongan tidak ditemukan hal-hal yang bertentangan dengan prinsip-prinsip pemasaran syariah dan nilai-nilai etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyid, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, Social Media, Etika Bisnis Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:19
Last Modified: 22 Jun 2020 02:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item