Maspupah, Maspupah (2019) Pengaruh religiusitas dan label halal terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada produk makanan dan minuman halal dalam kemasan di Desa Jatingarang Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Konsumen muslim sudah seharusnya selalu mengkonsumsi segala sesuatu yang baik yang telah disediakan Allah SWT dimuka bumi ini untuk menjaga kualitas jasmani dan rohani kita dengan mengkonsumsi sesuatu yang halal. Konsumen muslim yang tinggi pengetahuan akan produk halal seharusnya berimplikasi positif terhadap pembentukan persepsi positif akan produk halal dengan dukungan labelisasi halal dan meyakini serta memilah mana produk yang halal atau tidak. Pencantuman label halal sangat penting terutama untuk umat Islam, dan sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas dan label halal baik secara parsial maupun simultan tergadap keputusan pembelian konsumen muslim pada makanan dan minuman dalam kemasan. Penelitian ini termasuk penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder, adapun data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, kuesioner dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat variabel independen yaitu religiusitas (X1), label halal (X2) dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen (Y). Populasi penelitian ini adalah konsumen muslim perempuan desa Jatingarang kecamatan Bodeh kabupaten Pemalang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel 95 responden. Teknik analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan (1) Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada produk makanan dan minuman dalam kemasan di desa Jatingarang kecamatan Bodeh kabupaten Pemalang dengan nilai sig 0.001 < 0.05 atau nilai thitung 3,568 > ttabel 1,986 (2) Label halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada produk makanan dan minuman dalam kemasan di desa Jatingarang kecamatan Bodeh kabupaten Pemalang dengan nilai sig. 0.012 < 0.05 atau nilai thitung 2,560 > ttabel 1,986 (3) berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa kedua variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan dan minuman dalam kemasan di desa Jatingarang kecamatan Bodeh kabupaten Pemalang ditunjukkan dengan F hitung sebesar 13,106 > F tabel 3,09 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 (4) nilai adjusted R square sebesar 0,222, hal tersebut menunjukkan bahwa 22% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen, sedangkan sisanya sebesar 77,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Religiusitas, Label Halal, Keputusan Pembelian | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2020 07:14 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jun 2020 07:14 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/829 |
Actions (login required)
View Item |