Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Petarukan

Rohmatillah, Nila (2024) Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 2 Petarukan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620018_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2620018_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang masih baru di SMP Negeri 2 Petarukan sehingga membuat siswa harus mengikuti pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya. Dengan pembelajaran yang berbeda, akan berdampak pada kemampuan numerasi siswa. Kemampuan numerasi merupakan kemampuan berhitung dengan menggunakan angka yang terfokus pada kehidupan sehari-hari. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Petarukan? 2) Bagaimana kemampuan numerasi siswa pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Petarukan? 3) Apakah terdapat pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap kemampuan numerasi siswa pada pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Petarukan? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika, 2) mengetahui kemampuan numerasi siswa pada pembelajaran matematika, 3) menganalisis apakah terdapat pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap kemampuan numerasi siswa. Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2 Petarukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei dan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Tingkat penerapan kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Petarukan berada didalam kategori rendah sebanyak 9 responden (14%), kategori sedang sebanyak 39 responden (63%), sedangkan kategori tinggi sebanyak 14 responden (23%). Sehingga penerapan kurikulum merdeka dikategorikan sedang atau terlaksana cukup baik. 2) Kemampuan numerasi siswa pada materi aljabar kelas VII menghasilkan nilai rata-rata hasil tes 75, dengan nilai tertinggi 100, dan nilai terendah 50. Frekuensi paling tinggi terdapat pada interval 62-88 dengan jumlah 41 responden dikategorikan sedang. 3) Terdapat pengaruh penerapan kurikulum merdeka terhadap kemampuan numerasi siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 < 0,05, serta kurikulum merdeka berpengaruh secara signifikan dan positif sebesar 15,3% terhadap kemampuan numerasi siswa, dan sebesar 84,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan Kurikulum Merdeka, Kemampuan Numerasi.
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 21 May 2024 04:39
Last Modified: 21 May 2024 04:39
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8365

Actions (login required)

View Item View Item