Thoyyibah, Hayatun (2023) . Komparasi Prestasi Belajar Antara Siswa yang Tinggal Di Pesantren Dan yang Tinggal Di Luar Pesantren (Studi Pada Siswa Kelas 8 Di MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan Tahun Ajaran 2022/2023). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2021216012_HAYATUN THOYYIBAH BAB I-V.pdf Download (3MB) |
|
Text
2021216012_HAYATUN THOYYIBAH FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Prestasi belajar semakin terasa penting untuk dikaji, karena mempunyai beberapa fungsi utama. Pertama, prestasi belajar sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasai siswa. Apabila prestasi belajar siswa baik berarti siswa mempunyai kualitas dan kuantitas pengetahuan yang baik, begitu pula sebaliknya apabila prestasi belajar siswa itu rendah berarti kualitas dan kuantitasnyapun juga rendah. Keberadaan siswa MTs Ribatul Muta’allimin Kota Pekalongan bila dilihat dari sisi tempat tinggalnya dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal di luar pesantren (bersama orang tua). Secara teoritik siswa yang tinggal di pesantren dalam prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang tinggal di luar pesantren, itu dikarenakan karena situasi lingkungan di pesantren mendukung untuk para siswa yang tinggal di dalamnya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan siswa yang tinggal di luar pesantren mendapat prestasi yang lebih baik dari siswa yang tinggal di pesantren karena banyak faktor yang mempengaruhi belajar seseorang. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar siswa kelas 8 MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan yang tinggal di pesantren tahun ajaran 2022/2023, bagaimana prestasi belajar siswa kelas 8 MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan yang tinggal di luar pesantren tahun ajaran 2022/2023, bagaimana perbedaan prestasi belajar siswa kelas 8 MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal di luar pesantren tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 MTs Ribatul Muta’allimin Pekalongan tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 216 siswa, yang terdiri dari 106 siswa yang tinggal di pesantren dan 110 siswa yang tinggal di luar pesantren. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel 15% dari populasi sehingga yang menjadi sampel siswa yang tinggal di pesantren adalah 15% x 106 siswa yaitu 16 siswa, dan siswa yang tinggal di luar pesantren adalah 15% x 110 yaitu 16 siswa. Metode untuk mengumpulkan data menggunakan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik dengan rumus tes “t” untuk menyatakan adanya perbandingan prestasi belajar siswa kelas 8 MTs Ribatul Muta’allimin antara yang tinggal di pesantren dan yang tinggal di luar pesantren tahun ajaran 2022/2023
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Studi Komparasi, Prestasi Belajar, Pondok Pesantren | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 29 May 2024 04:05 | ||||||||
Last Modified: | 29 May 2024 04:05 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8391 |
Actions (login required)
View Item |