Pengaruh persepsi pada kegiatan kepramukaan terhadap disiplin belajar siswa MII Subah Batang

Alfita, Mahsa (2019) Pengaruh persepsi pada kegiatan kepramukaan terhadap disiplin belajar siswa MII Subah Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta melalui proses latihan yang dikembangkan menjadi serangkaian perilaku yang didalamnya terdapat unsur-unsur ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, ketertiban dan semua itu dilakukan sebagai tanggung jawab yang bertujuan untuk diri sendiri. Kegiatan kepramukaan yang dilakukan di MIIguna membentuk kedisiplinan siswa, maupun kedisiplinan tata tertib ataupun disiplin belajar siswa. Oleh karena itu, kepala sekolah MII Subah Batang mengembangkan kegiatan kepramukaan diharapkan agar siswa-siswi MII Subah Batang mempunyai kepribadian yang disiplin. Adapun rumusan masalah dari latar belakang diatas adalah adakah pengaruh kegiatan kepramukaan terhadap pembentukan kedisiplinan belajar pada siswa MII Subah Batang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kegiatan kepramukaan terhadap kedisiplinan belajar pada siswa MII Subah Batang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan lapangan (field research).Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik random simple. Berdasarkan teknik tersebut diambil sampel sebanyak 47 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS (Statistical Program For Sosial Service) versi 16 for windows.Data yang diperoleh dari kegiatan penelitian ini adalah dengan menyebar angket di lapangan untuk memperoleh data tentang pengaruh kegiatan kepramukaan terhadap pembentukan kedisiplinan belajar pada siswa MII Subah Batang.Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa hasil pengolahan data kegiatan kepramukaan diketahui bahwa nilai rata-ratanya 77. Hal ini berarti bahwa kegiatan kepramukaan yang dilakukan pada siswa MII Subah Batang dalam kategori “Baik”, yaitu terletak pada interval 71-80 dengan prosentase 42,5%. Bahwa hasil perhitungan data tentang kedisiplinan belajar pada siswa diketahui rata-ratanya sebesar 76. Hal ini berarti bahwa kedisiplinan belajar pada siswa MII Subah Batang dalam kategori “Sangat Baik”, yaitu terletak pada interval 76-85 dengan prosentase 29,7%. Dari hasil penelitian yang telah disajikan, dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0,001. Nilai tersebut lebih kecil dari derajat kepercayaan sebesar 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yaitu bahwa kegiatan kepramukaan berpengaruh signifikansi terhadap disiplin belajar. Dimana koefisiensi korelasi antara variabel independent (X) dan variabel dependent (Y) adalah 0,831 atau sebesar 83,1% disiplin belajar siswa dipengaruhi oleh kegiatan kepramukaan. Hasil tersebut juga ditunjukkan pada nilai t_test sebesar 9,966, nilai tersebut lebih besar dari t_tabel yaitu sebesar 1,679 pada signifikansi 1% dan 0,679 pada signifikansi 5%. Perolehan nilai t_test dan t_tabel tersebut menunjukkan bahwa hasil t_test lebih dari nilai perolehan t_tabel. Dari hasil penelitian yang telah disajikan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kegiatan kepramukaan dengan disiplin belajar di MII Subah Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan dan Pramuka
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 22 Jun 2020 06:03
Last Modified: 22 Jun 2020 06:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item