Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V MINU Buaran Kota Pekalongan

Mukhlis, Abdul (2018) Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V MINU Buaran Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya motivasi belajar siswa pada tingkat sekolah dasar cenderung tinggi jika mendapat stimulan tertentu dari luar diri siswa, salah satunya karena pemberian metode reward dan punishmentyang dilakukan oleh pendidik pada siswa yang telah masuk usia formal. Untuk membuktikan adanya keterkaitan hal tersebut maka dilakukan penelitian pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas lima. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada 2 yaitu: 1). Apakah terdapat pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V MINU Buaran Kota Pekalongan. 2) bagaimana motivasi belajar siswa kelas V MINU Buaran Kota Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment, secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Manfaat teoritis dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan kajian ilmu pengetahuan terkait dengan penggunaan reward dan punishment dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran disekolah, adapun manfaat secara praktis adalah diharapkan mampu menambah pengetahuan bagi pendidik tentang kiat-kiat memberikan motivasi belajar siswa, khususnya melalui pemberian reward dan punishment. serta menambah wawasan dan masukan kepada pendidik dalam memotivasi siswa dalam belajar disekolah melalui metode pemberian reward dan punishment. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen, dengan teknik pengambilan kesimpulan dengan Independent t-test karena penelitian ini menggunakan model post-test only control design. Hasil penelitian ini adalah Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa kelas V MINU Buaran Kota Pekalongan. Dengan membandingkan nilai t-tes hasil pengujian statistik pada penilain postest dengan instrument skala psikologi Nilai ttes sebesar 5,47, pada pada taraf sisgnifikasi 1% (0,01) diperoleh nilai ttes sebesar 5,47 > nilai ttabel 2,83. Dan hasil pengukuran skala menunjukkan rata-rata motivasi belajar pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, yaitu pada kelompok ekperimen sebesar 141,38, sedangkan pada kelompok kontrol adalah 120,3, dengan mean difference atau selisih rata-rata sebesar 14,621.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Reward, Punishment, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 22 Jun 2020 06:32
Last Modified: 22 Jun 2020 06:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item