Manajemen Program Kelas Unggulan untuk Meningkatkan Daya Saing Madrasah (Di MI NU Buaran Pekalongan)

Muamalah, Risqi (2024) Manajemen Program Kelas Unggulan untuk Meningkatkan Daya Saing Madrasah (Di MI NU Buaran Pekalongan). Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Program unggulan merupakan salah satu kriteria yang harus dipilih dari madrasah untuk dapat menjaga eksistensinya, pembeda serta menjadi salah satu indikator cara madrasah itu dapat berprestasi. Kriteria tersebut dapat dilihat dari berbagai indikator yang menunjukkan keunggulan dari suatu madrasah. Tujuan penelitian ini ialah : Untuk menganalisis penerapan fungsi manajemen pada Program kelas unggulan di MI NU Buaran Pekalongan untuk meningkatkan daya saing madrasah, untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program kelas unggulan di MI NU Buaran Pekalongan untuk meningkatkan daya saing madrasah, serta untuk menganalisis implikasi penyelenggaraan program kelas unggulan di MI NU Buaran Pekalongan terhadap peningkatan daya saing madrasah. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian kualitatif, yaitu suatu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat di amati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada tahap perencanaan pelaksanaan program kelas unggulan meliputi perumusan tujuan program, membentuk tim khusus kurikulum program unggulan, perencanaan tenaga pengajar, dan perencanaan pembiayaan (2) pada tahap pengorganisasian meliputi penyusunan struktur organisasi program kelas unggulan, pengorganisasian materi, pengorganisasian pendidik, pengorganisasian peserta didik, pengorganisasian sarana dan prasaran, pengorganisasian pembiayaan (3) pada tahap pelakasanaan meliputi pembelajaran dikelas dan kegiatan diluar ruangan sebagai penunjang (4) pada tahap pengawasan dan evaluasi meliputi pegawasan hasil belajar, pengawasan pelaksanaan program, (5) faktor pendukung penyelenggaraan program kelas unggulan antara laib dukungan penuh berbagai pihak, SDM dan tenaga pengajar yang kompeten, serta sarana dan prasarana yang memadahi, sedangkan faktor penghambat penyelenggaraan program kelas unggulan antara lain rendahnya budaya belajar mandirir dikalangan pengajar, (6) Implikasi manajeman program kelas unggulan antara lain animo masyarakat terhadap MI NU Buaran Pekalongan meningkat, banyak prestasi yang diraih madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dede19710115 199803 1 005UNSPECIFIED
Thesis advisorGhufron, M. Ali198707232020121004UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program Kelas Unggulan, Daya Saing Madrasah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 04 Nov 2024 02:15
Last Modified: 04 Nov 2024 02:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8424

Actions (login required)

View Item View Item