Aminah, Siti (2018) Upaya peningkatan kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II MI Al Ma’arif Pesucen melalui model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.
Text
Cover, Bab I - V.pdf Download (5MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Orientasi pembelajaran berbicara di SD/MI belum sesuai dengan yang diharapkan. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakansuasanapembelajaran berbicara kurang menggairahkan. Motivasisiswa yang rendahdan strategi pembelajaran yang kurang mampu menarik minat siswa mungkin adalah dua dari beberapa faktorpenyebab pembelajaran keterampilan berbicara kurang menggairahkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikanpenggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Examples non Examples dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas II MI Al Ma’arif Pesucen. Rumusan masalahdalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasimodel pembelajaran kooperatif tipe Examples non Examplespada pembelajaran Bahasa Indonesiakelas IIMI Al Ma’arif Pesucen?; 2) Apakah model pembelajaran kooperatif tipe Examples non Examples dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam mendeskripsikan tumbuhan atau binatang sesuai dengan ciri-cirinya pada pembelajaran Bahasa Indonesiakelas II MI Al Ma’arif Pesucen? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Adapun pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini adalah didasarkan pada pemakaian data-data, variabel, operasionalitas, hipotesis, signifikan secara statistik. Sumber data penelitian ini adalah dari subjek penelitian itu sendiri, yaitu siswa, melalui pengamatan teman guru, hasil refleksi dari peneliti dan dari hasil tes.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II MI Al Ma’arif Pesucentahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples pada pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan dengan tahapan a) menyanyikan lagu sambil menari; b) menyebutkan nama hewan dan tumbuhan yang ada disekitar; c) menyampaikan tujuan pembelajaran; d) mendengarkan penjelasan guru; e) menempelkan gambar dipapan; f) memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan gambar; g) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok/berpasangan; h) Siswa bersama guru mendeskripsikan tumbuhan atau binatang disekitar; i) Siswa diberi tugas (PR); 2) Model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas II MI Al Ma’arif Pesucentahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dari indikator keberanian dari 64,57% pada prasiklus meningkat menjadi 72,57% pada siklus II, deskripsi sesuai dengan gambar dari 75,20% naik menjadi 91,20% pada siklus II dan penggunaan bahasa dari 75,50% pada prasiklus naik menjadi 88,00% pada siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbicara, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Khusnu Asirah | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jun 2020 06:37 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jun 2020 06:37 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/843 |
Actions (login required)
View Item |