Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Di Sd Negeri Tangkil Kulon Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Puspasari, Salsabila (2024) Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Peserta Didik Di Sd Negeri Tangkil Kulon Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319101_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2319101_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Berawal dari permasalahan lingkungan yang terjadi dalam lingkup pendidikan disebabkan dari rendahnya kesadaran peduli lingkungan peserta didik, untuk itu SD Negeri Tangkil Kulon melakukan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik. Hal ini bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik yang peduli terhadap lingkungan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik?, bagaimana kepedulian peserta didik terhadap lingkungan?, dan bagaimana kendala serta solusi dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di SD Negeri Tangkil Kulon?. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik, mendeskripsikan kepedulian peserta didik terhadap lingkungan, dan mendeskripsikan kendala serta solusi dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di SD di Negeri Tangkil Kulon. Sedangkan kegunaan dalam penelitian ini sebagai bahan referensi pada penelitian yang sama terkait implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui 3 cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles and Hubberman yaitu memadatkan data atau disebut reduksi data, menampilkan data, menarik dan verifikasi Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di SD Negeri Tangkil Kulon dilalukan melalui progam pengembangan diri dan pengintegrasian dalam mata pelajaran, dalam progam pengembangan diri mencakup kegiatan harian seperti piket kelas, mingguan seperti jumat bersih dan sehat, kegiatan spontan, keteladanan guru, pengkondisian lingkungan dengan menyediakan sarana dan prasarana sekolah yang memadai, sedangkan pengintegrasian dalam mata pelajaran yaitu dengan menyisipkan nilai karakter peduli lingkungan ke dalam mata pelajaran. Adapun kepedulian peserta didik terhadap lingkungan ditunjukkan melalui bentuk rutin melaksanakan piket kelas, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, tidak membuang sampah sembarangan, ikut menjaga dan merawat tumbuhan serta aktif dalam kegiatan jumat bersih dan sehat. Kendala dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri Tangkil Kulon yaitu masih ada peserta didik yang belum menjaga kebersihan diri dan lingkungan masyarakat yang tidak peduli kebersihan sekitar, sedangkan solusi yang diberikan yaitu pembiasaan kegiatan peduli lingkungan lewat edukasi dan tindakan langsung serta diberikan motivasi dan keteladanan dari kepala sekolah dan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryanto, Andung DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: implementasi Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Peserta Didik.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:30
Last Modified: 13 Jun 2024 07:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8434

Actions (login required)

View Item View Item