Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Tangga Pintar Satuan Panjang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri Ambokembang Pekalongan

Puspitasari, Salsabila (2024) Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Tangga Pintar Satuan Panjang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri Ambokembang Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319102_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2319102_FULL FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar matematika siswa, serta kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini dikarenakan kegiatan pembelajaran yang masih sederhana dan banyak didominasi oleh guru menyebabkan siswa kurang terlibat dalam kegiatan pembelajaran dikelas. Salah satu cara yang bisa dilakukan guru agar siswa terlibat dalam kegiatan pembelajaran matematika terutama pada materi satuan panjang yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dan memanfaatkan media tangga pintar satuan panjang dalam pembelajaran matematika dikelas, agar dalam pelaksanaanya tetap sasaran ,efektif dan efisien. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang pada pembelajaran matematika siswa kelas V di SD Negeri Ambokembang? 2) Apakah penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri Ambokembang?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang pada pembelajaran matematika siswa kelas V di SD Negeri Ambokembang 2) Untuk mengetahui efektivitas penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang terhadap hasil belajar matematika siswa kelas v di SD Negeri Ambokembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-Experimental Design dengan one group pretest-posttest design. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang dalam pembelajaran matematika dilakukan melalui 5 tahapan yaitu 1). Orientasi siswa pada masalah, 2). Mengorganisasikan siswa dalam belajar, 3). Membimbing siswa dalam penyelidikan kelompok, 4). Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5). Menganalisis dan mengavaluasi proses penyelesaian masalah. Penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang pada pembelajaran matematika dapat dikatakan berhasil, hal ini berdasarkan hasil observasi yang telah sesuai dengan lembar observer, serta dikuatkan dengan adanya respon yang baik dari siswa. Selain itu hasil perhitungan uji hipotesis juga menunjukkan nilai rata-rata posttest lebih besar dari nilai rata-rata pretest sebesar 69.00 nilai pretest dan 78.00 dengan nilai Signifikan kurang dari 0,001 atau lebih kecil dari 0,05, maka HO ditolak dan Ha diterima, yang artinya penerapan model Problem Based Learning berbantu media tangga pintar satuan panjang efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri Ambokembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Media Tangga Pintar Satuan Panjang, Hasil Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:24
Last Modified: 15 Jul 2024 06:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8435

Actions (login required)

View Item View Item